Detail Info Kegiatan


  • 02 Maret 2017
  • 1.379
  • Info Kegiatan

Komitmen DIY Menuju Deklarasi Stop BABS Tahun 2017

“Pembangunan dan penyediaan air minum dan sanitasi diarahkan untuk mewujudkan terpenuhi kebutuhan dasar masyarakat”. Hal tersebut dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 dengan  target “Universal Akses 2019”.   Pada dasarnya Universal Akses merupakan Komitmen pemerintah untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar air minum dan sanitasi masyarakat Indonesia. Untuk mencapai hal tersebut sangat dibutuhkan komitmen yang kuat dari semua pihak dari tingkat pusat hingga daerah dan keterlibatan semua pihak baik Pemerintah, Lintas Sektor terkait, Lintas Program, Swasta dan masyarakat.

Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan seluruh desa/kelurahan (438 desa/kelurahan) di DIY sudah melaksanakan Stop Buang Air Besar Sembarangan Stop BABS). Hal itu artinya perilaku semua masyarakat Yogyakarta tanpa kecuali sudah berperilaku buang air besar di tempat yang benar dan sehat. Berkaitan hal tersebut, maka dilakukan Komitmen Bersama Stop BABS DIY yang dilaksanakan tanggal 7 Februari 2017 di Agromina Wisata, Karangsari, Pakem, Sleman. Penandatanganan Komitmen Stop BABS DIY  oleh  Bapak dr. Imran Agus Nurali, Sp,KO (Direktur Kesehatan Lingkungan Kementrian Kesehatan RI) dan  Lintas Sektor/Lintas Program terkait antara lain Bappeda DIY, Dinas PU ESDM DIY, BLH DIY, BBTKL PP DIY, TP PKK DIY, Kesehatan Kab/Kota serta Sanitarian Puskesmas di DIY.

Penandatangan komitmen bersama tersebut mengawali kegiatan sebagai wujud dukungan terhadap DIY Stop BABS tahun 2017. Disamping itu upaya pengembangan 4 Pilar STBM lainnya yaitu Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga (PAMMRT), Pengamanan Sampah Rumah Tangga (PSRT)  dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga (PLCRT). Sehingga dengan kerterpaduan implementasi secara total 5 Pilar STBM dapat mempercepat target Universal Akses 2019 dan dapat menurunkan angka kesakitan penyakit-penyakit  menular berbasis  lingkungan.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 4.312
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.901.179