Detail Info Kegiatan


  • 06 November 2018
  • 16.004
  • Info Kegiatan

Jam Berapa Sebaiknya kita makan?

Jam berapa anda sarapan pagi ini? Jam 5, 6, 7, 8, atau jam 9 ke atas? Lalu jam berapa anda makan siang dan makan malam? Secara umum, sarapan adalah jam 7, makan siang jam 12, makan malam jam 7. Namun benarkah jam makan itu ideal? Apakah jam makan harus diatur sedemikian? Coba pembaca simak tulisan ini hingga selesai.

Menurut pendapat nutrisionist, Susie Burrel, tubuh memiliki periode dalam mencerna makanan. Selain itu, tubuh juga punya waktu sendiri untuk istirahat. Maka dari itu, jika Anda ingin tetap sehat maka penting untuk mengatur jam makan. Tubuh manusia diatur menurut ritme sirkadian, yang berarti proses fisiologis dasar, termasuk hormon, dikendalikan menurut jam tubuh selama periode 24 jam.

Artinya tubuh 'diprogram' untuk dilewati tanpa makanan (misalnya pada malam hari) dan ada kalanya tubuh berada pada fase mencerna dan metabolismenya sedang tinggi. Jika misalnya bekerja shift malam dan makan, maka tubuh tetap terprogram agar tidak membakar energi terlalu banyak dan cenderung menyimpannya,

Menurut Burrelle, untuk memanfaatkan metabolisme alami tubuh maka sebaiknya lakukan sarapan sepagi mungkin. Sarapan di pukul 9 atau 10 pagi disebutkan Burrelle sudah agak terlambat. Idealnya sarapan dilakukan pada pukul 7 atau 8. tubuh membutuhkan makanan setelah hampir tujuh jam kosong, sehingga Anda harus cepat-cepat mengisinya agar Anda mendapatkan kembali energi untuk beraktivitas. Kadar glukosa dalam darah akan turun sekitar satu sampai dua jam setelah Anda bangun. Jadi, sarapan sebelum jam sembilan pagi adalah waktu yang ideal untuk memberikan otak dan tubuh Anda makanan.

Saat sudah sarapan di waktu tersebut, hindari terlambat makan siang karena dapat membuat Anda kekurangan energi.  Pada dasarnya, tubuh perlu untuk selalu diisi setiap empat sampai lima jam sekali, jadi jangan heran jika Anda sudah merasakan lapar atau perut berbunyi ketika empat jam setelah Anda sarapan.  Anda bisa menyiasatinya dengan ngemil camiilan yang sehat untuk mengganjal perut Anda yang lapar. Untuk lebih baik,  bisa dilakukan 'memecah' makan siang menjadi dua kali dalam porsi lebih kecil. Satu kali di pukul 11-12 siang, waktu berikutnya pukul 2-3 sore.

Untuk makan malam, sebaiknya dilakukan sebelum jam 8 malam, supaya tubuh punya cukup waktu untuk mencerna makanan yang masuk sebelum pergi tidur. Biisa juga kita menikmati camilan di pukul 3-4 sore, kemudian disusul dengan makan malam porsi kecil di pukul 7 malam. Tidur dalam keadaan perut yang penuh tentu saja tidak baik untuk kesehatan.

Sumber :

https://health.detik.com

https://hellosehat.com

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 13.737
  • Bulan Ini

  • 982.632
  • Total Kunjungan

  • 8.778.305