Detail Info Kegiatan


  • 05 September 2024
  • 118
  • Info Kegiatan

Simulasi Bencana Gempa Bumi Dinas Kesehatan DIY

Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengganggu dan mengancam kehidupan masyarakat. Bencana bisa disebabkan oleh faktor alam, nonalam, atau manusia. Bencana dapat mengakibatkan kerugian harta benda, korban jiwa, kerusakan lingkungan, dan dampak psikologis.

Indonesia merupakan negara dengan wilayah daratan benua yang luas. Selain itu dua jalur gunung api besar dunia yang bertemu di Nusantara dan beberapa jalur pegunungan lipatan dunia pun saling bertemu di Indonesia. Deret gunung api di Indonesia merupakan bagian dari deret gunung api sepanjang Asia-Pasifik yang sering di sebut sebagai Ring of Fire atau deret sirkum pasifik. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, sejumlah gempa bumi, tsunami, letusan gunung api, hingga fenomena likuifaksi yang menelan banyak korban.

Diperlukan kemampuan untuk memaknai dan melakukan suatu tindakan sebelum, saat, dan  setelah terjadinya bencana oleh setiap elemen masyarakat dengan mengingat geografis dan geologis Daerah Istimewa Yogyakarta yang termasuk wilayah yang rawan bencana. Oleh karena itu, upaya penanggulangan bencana perlu dilakukan secara komprehensif, baik sebelum, pada saat berlangsungnya  bencana  maupun  sesudah  bencana.

Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan bencana, berbagai kegiatan dapat dilakukan, termasuk sosialisasi, edukasi, kampanye publik, pengecekan sarana keselamatan, uji sistem peringatan dini, dan latihan evakuasi mandiri. Sehubungan dengan itu, Dinas kesehatan DIY mengadakan Simulasi Bencana Gempa Bumi pada 26 April 2024 yang diikuti oleh semua pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan DIY. Latihan penyelamatan diri, evakuasi mandiri, dan simulasi kebencanaan dilaksanakan pada pukul 10.00 waktu setempat. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dengan pengawasan dari operator pengendali simulasi.

Kegiatan simulasi bencana gempa bumi ini didasarkan pada peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang diperingati setiap tahun pada tanggal 26 April. Peringatan ini diinisiasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terkait bencana di daerah rawan bencana di Indonesia. Tanggal ini dipilih karena bertepatan dengan ditetapkannya Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Undang-Undang ini menjadi hukum pertama yang mengubah penanggulangan bencana dari responsif ke preventif. Tema HKB 2024 adalah “Siap Untuk Selamat” dengan subtema “Indonesia Tangguh Indonesia Hebat”. Sejarah peringatan HKB dimulai sejak tahun 2017 dan menjadi momentum membangun budaya sadar bencana di mana masyarakat melakukan evakuasi secara mandiri secara rutin. (sdp)

Simulasi Gempa Bumi Dinas Kesehatan DIY dapat dilihat di link berikut ini https://youtu.be/y0JyYx583ZE?si=vZtnjVgN7V6z1gXy

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 1.987
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 26.108.175