Detail Info Kegiatan


  • 01 Juni 2024
  • 143
  • Info Kegiatan

PSC 119 DIY Melakukan Penjagaan Kesehatan Dalam Kegiatan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 Daerah Istimewa Yogyakarta

Hai Sobat Jogja!

Pada hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat. Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilainilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 merupakan Hari Lahir Pancasila, maka setiap tanggal 1 Juni segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sebagai rangkaian peringatan Hari Lahir Pancasila, Pemda DIY beserta berbagai komponen lain, melakukan upacara bendera. Upacara bendera dilakukan di Monumen Pahlawan Pancasila yang dipimpin oleh Danrem 072/Pamungkas, Brigjen TNI Zainul Bahar.

PSC 119 DIY bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, PMI DIY, serta PMI Kabupaten Sleman bertindak sebagai tim kesehatan telah mengikuti rangkaian acara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Monumen Pahlawan Pancasila, Jl. Kentungan Condongcatur Depok Sleman. Selama kegiatan berlangsung, terdapat setidaknya terdapat 24 pasien yang merupakan peserta upacara yang mengalami keluhan seperti pusing, pingsan, kelelahan, nyeri perut, mual, muntah, serta sesak nafas yang membutuhkan penanganan medis. Semua pasien dilakukan penanganan di lokasi, tidak ada peserta yang memerlukan rujukan ke fasilitas kesehatan. (sdp)

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 6.030
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 25.709.407