Detail Info Kegiatan


  • 09 Oktober 2024
  • 44
  • Info Kegiatan

PSC 119 DIY Melakukan Penjagaan Kesehatan Dalam Acara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 Daerah Istimewa Yogyakarta

Hai Sobat Jogja!

Pada 1 Oktober 2024, kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan momentum penting untuk mengingatkan kembali seluruh komponen bangsa akan pentingnya menjaga Pancasila sebagai ideologi negara. Nilai-nilai Pancasila harus terus dijaga dan diterapkan demi keutuhan bangsa, sekaligus sebagai peringatan akan bahaya laten komunisme.

Sebagai rangkaian peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Pemda DIY beserta berbagai komponen lain, melakukan upacara bendera. Upacara bendera dilakukan di Monumen Pahlawan Pancasila yang dipimpin oleh Danlanud Adisutjipto, Marsma TNI Setiawan, dengan mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”. Rangkaian upacara diawali dengan laporan dari Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara. Setelah itu, dilaksanakan pembacaan Teks Pancasila, pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, dan Naskah Ikrar.

Naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 menyatakan tekad yang kuat untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Pancasila menjadi sumber kekuatan dalam memperjuangkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

PSC 119 DIY bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, PMI DIY, serta PMI Kabupaten Sleman bertindak sebagai tim kesehatan telah mengikuti rangkaian acara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pahlawan Pancasila, Jl. Kentungan Condongcatur Depok Sleman. Selama kegiatan berlangsung, terdapat setidaknya terdapat 11 pasien yang merupakan peserta upacara yang mengalami keluhan seperti pusing, pingsan, kelelahan, nyeri perut, mual, serta sesak nafas yang membutuhkan penanganan medis. Semua pasien dilakukan penanganan di lokasi, tidak ada peserta yang memerlukan rujukan ke fasilitas kesehatan. (sdp)

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 16.211
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 27.464.072