Detail Info Kegiatan


  • 01 Februari 2018
  • 3.311
  • Info Kegiatan

Persiapan Penyusunan Perencanaan Pembangunan Kesehatan Tahun 2019 mulai di laksanaan

Perencanaan kesehatan adalah suatu proses yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang didahului dengan penetapan tujuan, mengenali masalah kesehatan melalui analisis situasi masalah masyarakat, menentukan dan memilih sumber daya yang dibutuhkan, menyusun kegiatan yang akan dilakukan, menetapkan besarnya biaya, menentukan waktu pelaksanaan, menentukan tempat kegiatan, menentukan sasaran, menetapkan target yang akan dicapai, dan menyusun indikator pencapaian serta bentuk evaluasi yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah-masalah kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat. Fungsi perencanaan kesehatan adalah kontribusi pada tujuan, keutamaan perencanaan, penembusan rencana, efisiensi perencanaan. Perencanaan program kesehatan di laksanakan n-1 dari tahun pelaksanaan.

Subbag Program Dinas Kesehatan DIY, pada hari Rabu, 31 Januari 2018, mengadakan rapat Persiapan Penyusunan Perencanaan Pembangunan Kesehatan tahun 2019, di aula A Dinas Kesehatan DIY. Rapat bertujuan untuk melakukan kordinasi persiapan penyusunan perencanaan pembangunan kesehatan 2019 bersumber APBD DIY dan APBN, serta melakukan review proses perencanaan tahun sebelumnya.

Pada rapat tersebut, dilakukan review proses perencanaan tahun lalu mulai dari sarana prasarana dan nonfisik, bagaimana proses pada e-planing, proses di BAPPENAS dan Mendagri, proses di Kemenkeu, serta proses di Roren (proses review usulan DAK dan proses review RKA). Selain itu dibahas mengenai Evaluasi DAK 2017, membahas masalah-masalah yang ada, kesulitan-kesulitan yang dialami dinkes kabupaten/kota dan RS Kabupaten/Kota, kemudian mencari dan menyepakati solusi bersama.

 Pada sesi terahir, dilakukan pembahasan mengenai persiapan perencanaan pembangunan kesehatan tahun 2019. Pada sesi ini dibahas mengenai proses yang harus dilakukan dalam perencanaan 2019, selain itu juga ditampilkan draf perencanaan awal RKP yang menjadi prioritas nasional serta kesepakatan pembuatan usulan oleh dinkes kabupaten/kota dan rumah sakit kabupaten kota melalui 1 proposal/TOR dan 1 RAB.

Pertemuan ini akan ditindaklanjuti dengan pertemuan perencanaan yang melibatkan seluruh program di Provinsi dan Kabupaten/kota DIY pada minngu ke-3 bulan Februari.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 1.217
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.141.592