Detail Info Kegiatan


  • 21 September 2024
  • 83
  • Info Kegiatan

Perawat PSC 119 DIY Mengikuti Pelatihan BTCLS

Perawat sebagai tenaga kesehatan harus mampu memberikan pelayanan terbaik di setiap situasi, oleh karena itu wajib bagi perawat yang bekerja di pelayanan kesehatan mempunyai kompetensi dalam penanganan pasien kegawatdaruratan yang dibuktikan dengan sertifikat pernah mengikuti pelatihan Basic Trauma Cardiac life Support (BTCLS) yang merupakan kompetensi dasar bagi perawat.

BTCLS merupakan salah satu pelatihan dasar bagi perawat dalam menangani masalah kegawatdaruratan akibat trauma dan gangguan kardiovaskuler. Penanganan masalah tersebut ditujukan untuk memberikan bantuan hidup dasar sehingga dapat menyelamatkan nyawa dan meminimalisir kerusakan organ serta kecacatan penderita.

Perawat sebagai lini terdepan dalam pelayanan gawat darurat harus mampu menangani masalah dengan cepat dan tepat, dengan pendekatan asuhan keperawatan yang mencakup aspek bio-psiko-sosio-kultural dan spiritual. Oleh karena itu perawat dituntut untuk memiliki kompetensi dalam menangani masalah kegawatdaruratan akibat trauma dan gangguan kardiovaskuler. Salah satu upaya dalam peningkatan kompetensi tersebut dilakukan melalui pelatihan BTCLS.

Perawat PSC 119 DIY sebagai tim ambulan gawat darurat dituntut untuk bisa melakukan tatalaksana pasien gawat darurat dengan tepat. Pada tanggal 3-8 September 2024, semua perawat PSC 119 DIY mengikuti pelatihan BTCLS yang diadakan oleh PT.Citra Paramedika di Kantor Pusdiklat PT.Citra Paramedika yang beralamat di Jalan, Dero Wetan, Harjobinangun, Pakem, Sleman, DIY.

Adapun kompetensi yang diujikan dalam pelatihan BTCLS kali ini adalah Bantuan Hidup Dasar (BHD), penilaian awal (initial assessment), triage pasien. penatalaksanaan pasien dengan gangguan pernafasan dan jalan nafas (airway and breathing), penatalaksanaan pasien akibat trauma: kepala dan spinalthorak dan abdomen, musculoskeletal dan luka bakar, penatalaksanaan pasien dengan gangguan sirkulasi, penatalaksanaan kegawatdaruratan kardiovaskuler, evakuasi dan transportasi, dan penatalaksanaan proses rujukan ke fasilitas kesehatan lanjutan.

Kelima personil perawat PSC 119 DIY telah mengikuti pelatihan BTCLS dengan lancar dan dinyatakan lulus pelatihan dengan baik. Dengan terlaksananya pelatihan ini, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan gawat darurat yang dilakukan oleh PSC 119 DIY. (sdp)

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 16.354
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 27.464.215