Detail Info Kegiatan


  • 17 April 2017
  • 6.990
  • Info Kegiatan

waktu minimal berolahraga

Ketika ada pertanyaan, apa motivasi anda berolahraga, apa jawaban anda? Ingin langsing? Membentuk badan? Agar kuat? Tetap bugar? Atau mungkin ada jawaban lain? Memang semua itu dampak positif yang bisa kita peroleh dari berolahraga. Beberapa orang mungkin akan merasakan kondisi tubuh yang tidak enak ketika tidak pernah berolahraga, namun tak sedikit juga yang merasa biasa saja walaupun sudah sekian lama tidak berolahraga. Olahraga di sini mungkin lebih tepat jika disebut gerak fisik, karena jika catur masuk ke dalam kategori olahraga, dan rasanya tidak bisa dijadikan alasan untuk tetap bugar, langsing, dan seperti disebut di atas.

Sebenarnya, berapa lama waktu minimal berolahraga agar badan tetap sehat? Sebuah penelitian yang dilakukan Dr. Ian Janssen dari Queen University, Toronto, AS, mungkin dapat menjawab pertanyaan ini. Berikut singkatnya.

Hasil penelitian Dr. Janssen mengindikasikan, tidak peduli latihan apa yang dipilih asal bisa mengakumulasi total seminggu latihan. Minimal diperlukan waktu 150 menit atau 2 jam setengah. dengan meluangkan waktu total kurang lebih 2 jam berolahraga secara rutin setiap minggu, kita bisa mendapatkn manfaat yang setara sama olahraga secara teratur setiap hari dalam waktu yang lebih lama. Jenis olahraga apapun, asal anda mencapai waktu yang telah ditentukan diatas.

Lembaga international pun menyarankan bahwa untuk orang dewasa setiap berolahraga selama 30 menit dengan durasi insensitas olahraga moderat sehingga mencapai pengeluaran energi lebih dari 1000 kalori per minggu. Anda tidak di haruskan untuk berolah raga dalam satu waktu yang lama. Namun, untuk mendapatkan jumlah kalori yang sama, olah raga dapat pula dilakukan dengan frekuensi beberapa kali dalam sehari dengan jangka waktu yang lebih pendek.

 

Jadi Intinya dalam seminggu tubuh anda harus di olahragakan dengan total waktu kurang lebih 150 menit atau2 jam setengah/minggu. Atau jika anda ingin olahraga setiap hari berarti kalkulasinya 150 :7 hari = 21 menit, maka luangkan waktu untuk olahraga 21 menit/hari.

Perlu anda ketahui penghentian olah raga dalam waktu 3 minggu, dapat mengurangi manfaat dari olah raga rutin yang telah dilakukan sebelumnya. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh penurunan volume dan daya pompa jantung sebagai akibat dari hilangnya efek pengisian jantung yang lebih besar saat berolah raga. Sedikitnya darah yang masuk menyebabkan darah yang dipompa oleh jantung berkurang.

Jadi sebaiknya anda lakukan olahraga secara rutin. Selamat berolahraga sesuai kadar yang sesuai dan baik. Semoga artikel kami bisa memberikan wawasan yang bermanfaat untuk anda. Sekian terima kasih, baca juga Efek Samping KB Suntik 1 Bulan dan 3 Bulan.


Artikel ini akan penulis tutup dengan sebuah pesan kesehatan..yaitu, MARI LAKUKAN AKTIVITAS FISIK SETIAP HARI.

 

Sumber

http://www.halodok.com

http://lifestyle.kompas.com

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 14.894
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.911.761