Detail Info Kegiatan


  • 06 September 2018
  • 1.118
  • Info Kegiatan

Road Show Tim Pembina KKS DIY Menuju Swastisaba Wistara 2019

Kabupaten/ Kota Sehat adalah suatu kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan terintegrasi yang disepakati oleh masyarakat dan pemerintah daerah. Melalui kegiatan ini Kabupaten/Kota Sehat ikut  berperan   menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayahnya yang mengintregasikan berbagai aspek sehingga dapat mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni oleh warganya. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai yaitu  kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat untuk bekerja dan berkarya bagi warganya dengan terlaksananya berbagai program pembangunan berwawasan kesehatan, sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat sebagai bagian dari upaya pencapaian Indonesia Sehat.

Tatanan Kabupaten/Kota Sehat meliputi 9 tatanan, yaitu :

1.      Tatanan Permukiman, Sarana dan Prasarana Sehat

2.      Tatanan Sarana Lalu Lintas Tertib & Pelayanan Transportasi sehat

3.      Tatanan Industri dan Perkantoran yang Sehat

4.      Tatanan Kawasan Pariwisata Sehat

5.      Tatanan Pertambangan Sehat

6.      Tatanan Hutan Sehat

7.      Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri

8.      Tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi

9.      Tatanan Kehidupan Sosial yang Sehat

 

Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2018 tetap berkomitmen untuk memfasilitasi dan membina penyelenggaraan Kab/Kota Sehat di DIY sebagai kelanjutan pembinaan tahun 2017, agar terwujud Kabupaten/Kota Sehat di semua wilayah DIY.  Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat DIY telah melakukan bimtek  sekaligus evaluasi penyelenggaraan kab/kota sehat sebagai tahap awal untuk menyiapkan kab/kota maju verifikasi nasional yang akan diselenggarakan oleh Tim Verifikasi Pusat  pada tahun 2019. Dalam bimtek tersebut dilakukan bedah dokumen sesuai tatanan yang diajukan oleh kabupaten/kota.   Dokumen KKS ini merupakan gambaran proses penyelenggaraan KKS yang dapat dilihat dari :

1.      Keaktifan kelembagaan tingkat kab/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan.

2.      Proses penetapan tatanan yang diajukan.

3.      Proses penetapan lokasi unggulan dimasing-masing tatanan yang diajukan.

Lolos tidaknya dokumen KKS kabupaten/kota akan dilihat dari ketercapaian indikator-indikator umum dan khusus.  Selanjutnya hasil  verifikasi dokumen sebagai bahan masukan bagi Provinsi  untuk melakukan verifikasi lapangan tingkat propinsi tahun 2018.

Diharapkan kabupaten/Kota yang lolos verifikasi dokumen dan lapangan tingkat propinsi tahun 2018, dapat maju verifikasi nasional tahun 2019 dengan dokumen yang lebih baik sesuai outline penyusunan dokumen KKS dan kondisi lapangan yang lebih siap yang dapat menggambarkan implementasi KKS di DIY.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 22.188
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.136.311