Detail Info Kegiatan


  • 22 Juni 2017
  • 1.946
  • Info Kegiatan

Kewaspadaan Dini Kejadian Luar Biasa (KLB) Penyakit Akibat Faktor Resiko Lingkungan Pada Arus Mudik Lebaran

Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah tinggal beberapa hari lagi. Berbagai aktifitas dan kegiatan masyarakat di Indonesia pada umumnya dan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada khususnya sudah begitu terasa. Terutama di fasilitas-fasilitas umum bebagai kegiatan untuk menyambut hari lebaran seperti stasiun kereta api, terminal, pasar-pasar, bandara,  rest area pemudik, tempat-tempat penjualan makanan jajanan, rumah makan, restoran dan lain-lain terjadi peningkatan yang signifikan.

Sehubungan dengan hal tersebut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia  melalui Surat Nomor KL.01.BIII.3/1253/2017 tentang Peningkatan Kewaspadaan Dini Kejadian Luar Biasa  (KLB) Penyakit Akibat Faktor Resiko Lingkungan pada Event-Event Khusus/Arus Mudik Lebaran dan Di Saat Kepulangan tahun 2017/1438 H menghimbau kepada Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota untuk melakukan antisipasi dan perlindungan masyarakat  terhadap kejadian penyakit berbasis lingkungan akibat kondisi sarana sanitasi yang tidak memenuhi syarat serta penyediaan pangan yang tidak aman dan tidak sehat.

 

Kegiatan-kegiatan yang perlu dilaksanakan antara lain menggerakkan peran tim Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan  Provinsi dan Kabupaten Kota untuk:

1.      Menggerakkan Tim Kesehatan Lingkungan sampai ujung tombak (Sanitarian Puskesmas) untuk mendata dan memetakan tempat-tempat yang menjadi penetapan pos/tempat pemberhentian sementara arus mudik.

2.      Melaksanakan instensifikasi pembinaan dan pengawasan (IKL) terhadap pemenuhan sarana sanitasi dasar untuk memenuhi syarat:

a.       Tersedianya air bersih yang memenuhi syarat kesehatan

b.      Tersedianya jamban/toilet yang sesuai standar

c.       Tersedianya tempat sampah sementara (TPS) yang tertutup dan tidak menjadi perkembangbiakan vektor.

d.      Adanya sarana tempat cuci tangan pakai sabun (CTPS).

3.      Melaksanakan pengawasan seluruh Tempat Pengelolaan  Makanan agar pangan yang dijual tidak kadaluwarsa dan dalam kondisi aman.

4.      Melaksanakan penyuluhan kesehatan dan pemasangan media informasi terkait pesan khusus kesehatan terutama bidang kesehatan lingkungan yaitu informasi keamanan pangan, prinsip-prinsip pemenuhan persyaratan air minum dan sanitasi.

5.      Mengambil tindakan penanggulangan terhadap KLB penyakit akibat faktor resiko lingkungan yang buruk dengan mengacu kepada peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2 tahun 2013 tentang Kejadian Luar Biasa Keracunan Pangan.

 

Di Daerah Istimewa Yogyakarta kegiatan tersebut dilaksanakan secara terpadu baik lintas program di Dinkes DIY dan Dinkes Kab/kota. Sasaran kegiatan tersebut antara lain:

a.       Wilayah Kota Yogyakrta : Terminal Giwangan, Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan, Kebun Binatang Gembiraloka, Keraton Ngayogyakarta,  Malioboro.

b.      Wilayah Bantul : Piyungan, Pertigaan Srandakan, Sedayu, Pantai Parangtritis, Depok, Puncak Becici, Pajimatan, Pantai Baru, Pantai Cemara.

c.       Wilayah Sleman : Terminal Jombor, Prambanan, Bandara, Gamping, Candi Prambanan, Tebing Breksi, Candi Ratu Boko, Kaliurang, lava Tour Merapi.

d.      Wilayah Gunungkidul : Terminal Wonosari, Terminal Semin, Pos Bunderan Siyono, Air Terjun Sri Gethuk, Pantai Baron, Kukup, Krakal, Goa Pindul, Nglanggeran.

e.       Wilayah Kulonprogo : Terminal Wates, Stasiun Wates, Rest Area Perbatasan (Temon), Pantai Glagah, Kalibiru, Kebun Teh Glinggo.

 

Hari pertama kegiatan IKL mendapatkan kehormatan inspeksi mendadak  dari Direktorat Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI Kristin Darundiyah, S.Si, M.Sc PH Kepala Seksi Penyehatan Sanitasi Dasar  pada Subdit PASD menyatakan apresiasinya dengan Tim Sanitasi dan Surveylans Dinas Kesehatan DIY dan Kab/Kota yang telah melakukan kewaspadaan dini KLB akibat faktor resiko lingkungan

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 25.003
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.075.229