Detail Info Kegiatan


  • 02 Juni 2017
  • 1.337
  • Info Kegiatan

GERMAS Wujud Revolusi Mental

Beban ganda penyakit  di Indonesia merupakan suatu permasalahan kesehatan yang harus mendapat perhatian dan penanganan yang serius. Transisi epidemiologi penyakit (pergeseran pola penyakit) dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular dalam kurun waktu 30 tahun terakhir, ditengarai disebabkan oleh perilaku hidup masyarakat yang tidak sehat serta sanitasi lingkungan yang kurang. 

Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah bila fokus upaya kesehatan diutamakan pada upaya preventif dan promotif dalam menumbuh-kembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud Revolusi Mental. GERMAS mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat.

Dalam rangka penguatan pembangunan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif-preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat maka dicanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). GERMAS bertujuan untuk: Menurunkan beban penyakit; Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk; dan Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. 

Germas adalah suatu tindakan yang terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Untuk itu Dinas Kesehatan DIY bersama-sama dengan Pemda DIY menyelenggarakan Forum Komunikasi Germas. Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 30 s.d 31 Mei 2017 di Balai Laboratorium Kesehatan ini bertujuan untuk menyusun kebijakan daerah berupa Peraturan Gubernur tentang Rencana Aksi Germas. Peraturan Gubernur ini merupakan tindak lanjut dari Inpres Presiden No 1 tahun 2017 Tentang Gerakan masyarakat Sehat. Dalam Rancangan Pergub ini, dituangkan juga mengenai peran lintas sektor dalam mendukung pelaksanaan Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.





Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 106.498
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 19.998.367