Detail Info Kegiatan


  • 24 Maret 2022
  • 254
  • Info Kegiatan

Evaluasi Pelaksanaan Program Internship Dokter Dalam Rangka Pemulangan Peserta PIDI DIY Periode Mei Tahun 2021

Dinas Kesehatan DIY bersama dengan Kementerian Kesehatan RI, pada hari Jum’at tanggal 11 Februari 2022 telah melaksanakan Evaluasi Pelaksanaan Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) DIY periode Mei tahun 2021 yang dilakukan secara daring.

Maksud dan tujuan kegiatan adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan PIDI angkatan 2/periode Mei tahun 2021, khususnya kinerja peserta PIDI sehingga diperoleh masukan untuk perbaikan program selanjutnya.

Di Daerah Istimewa Yogyakarta, Program Internsip Dokter sudah dilaksanakan sejak tahun 2011; dimana memiliki 24 pasangan wahana (RS & Puskesmas) dengan dokter pendamping aktif yang sudah dilatih dan siap membantu adik-adik dokter baru dalam melaksanakan masa internsip.                 

Saat ini sebanyak 54 dokter periode Mei  2021 yang sudah menyelesaikan program internsip selama sembilan (9) bulan di Daerah Istimewa Yogyakarta (dengan penempatan RSUD Wates, RSUD Nyi Ageng Serang, dan RS Bhayangkara) dan akan diserahkan kembali kepada Kementerian Kesehatan RI untuk dapat didayagunakan sesuai kebutuhan.

Kepada peserta PIDI yang telah selesai, KIDI Provinsi akan menerbitkan Surat rekomendasi penerbitan Surat Tanda Selesai Internsip (STSI).

Kegiatan ini diikuti oleh 54 dokter internsip, dokter pendamping, pimpinan wahana (RS & puskesmas), KIDI pusat dan KIDI DIY, Dinas Kesehatan Kabupaten (Sleman, Kulon Progo) dan sekretariat PIDI pusat & PIDI DIY sebagai fasilitator. Narasumber kegiatan ini dari Komite Internsip Dokter Indonesia (KIDI) DIY, Komite Internsip Dokter Indonesia (KIDI) Pusat dan Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI).

 

Evaluasi pelaksanaan PIDI periode Mei tahun 2021 di DIY, disampaikan oleh dr. Akhmad Akhadi, MPH (Ketua KIDI DIY/Direktur RS Jiwa Grhasia Yogyakarta) yang menitikberatkan pada upaya sinergi Bersama antara KIDI DIY, dokter pendamping, peserta ISHIP dan secretariat untuk memenuhi standar kompetensi dan kemandirian dokter. Dari hasil evaluasi semua dokter selesai dalam program internship dan memenuhi standar kemahiran dan kemandirian. Permasalahan pada pelaksanaan UKM dimana banyak kegiatan yang dikurangi karena pandemic COVID 19.

Materi Monitoring Kinerja Peserta PIDI Angkatan II Tahun 2021 Provinsi DI Yogyakarta (dr. Hermien Widjajati, Sp. A/ KIDI Pusat), hasil monitoring KIDI pusat sudah lebih dari 90% kasus divalidasi dokter pendamping PIDI dan  Evaluasi Lingkungan Pelaksanaan PIDI DIY Angkatan II 2021 oleh dr. Ummatul Khoiriyah, M.Med.Ed, Ph.D (AIPKI/FK UII) Yogyakarta), ada 1 wahana di DIY yang masih level 2 yaitu wahana RSUD NAS sedangkan wahana RS yang lain sudah masuk level 1.

Masukan kepada KIDI untuk perbaikan PIDI adalah Pengisian log book disesuaikan load atau lama stase, Kejelasan SOP dan administrasi dan pencairan insentif, Stase IGD diperbanyak, Nama dokter pendamping yang belum ada di SIMPIDI mohon ditambahkan.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 18.278
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 6.737.285