Detail Info Kegiatan


  • 26 September 2024
  • 42
  • Info Kegiatan

Dinas Kesehatan DIY Beri Penghargaan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota atas Capaian Pelaksanaan Program Kefarmasian selama Tahun 2023

Dinas Kesehatan DIY memberikan penghargaan kepada lima kabupaten/kota yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta atas pencapaian mereka dalam melaksanakan program kefarmasian selama tahun 2023. Penghargaan ini diberikan pada saat acara Evaluasi Program Kefarmasian di DIY Tahun 2023 yang diselenggarakan di Aula Bapel Jamkesos DIY pada tanggal 12 Juli 2024.

Mewakili Kepala Dinas Kesehatan DIY, Kepala Seksi Farmasi, Makanan Minuman, dan Alat Kesehatan Dinas Kesehatan DIY menyebutkan bahwa penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih terhadap teman – teman pengelola program kefarmasian termasuk pengelola instalasi farmasi di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang telah banyak memberikan kontribusi dalam upaya mendukung Pembangunan Kesehatan di Indonesia khususnya di wilayah DIY.

Kriteria penilaian evaluasi capaian program kefarmasian selama tahun 2023 berdasarkan beberapa parameter, yaitu:

  1. Indikator Ketersediaan Obat di Kabupaten/Kota
  2. Indikator Ketersediaan Obat dan Vaksin di Puskesmas
  3. Kepatuhan Stock Opname Vaksin di Aplikasi SMILE (Sistem Monitoring Logistik Imunisasi berbasis Elektronik)
  4. Keaktifan Puskesmas Entri Pengeluaran (Penggunaan) Vaksin di SMILE
  5. Kepatuhan Pelaporan SIMONA (Sistem Informasi Monitoring dan Pembinaan Fasilitas Pelayanan Kefarmasian)
  6. Keaktifan Pelaporan Kegiatan Gema Cermat (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat)

Setiap parameter dibuat peringkat skor atas aspek pemenuhan kesesuaian terhadap standar, kelengkapan ketersediaan, ketepatan waktu, frekuensi keaktifan penyampaian data secara real time, dan kekompakan seluruh entitas target penilaian tiap daerah. Seluruh aspek tersebut dijumlahkan hingga mendapatkan total skor tertinggi. Peringkat tertinggi dicapai oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, kemudian diikuti oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul. Masing-masing penerima penghargaan mendapatkan piagam yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Kesehatan DIY dan hadiah bingkisan.

            Dengan adanya pemberian award tahunan ini, diharapkan dapat memberikan motivasi peningkatan kinerja, memicu inovasi, memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, serta mendorong pihak-pihak terkait agar dapat mendukung program kesehatan yang ada.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 16.128
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 27.463.989