Detail Berita


  • 09 Juli 2019
  • 3.097
  • Berita

Workshop Penyusunan Rencana Kebutuhan SDMK Tingkat Provinsi

Pembangunan kesehatan memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi – tingginya. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan upaya pemenuhan kesehatan masyarakat yang komprehensif yang salah satunya adalah dengan penyediaan sumber daya manusia kesehatan yang kompeten dan merata di setiap fasilitas pelayanan kesehatan di seluruh wilayah Indonesia. Untuk memenuhi hal tersebut, pemerintah dan pemerintah daerah bertanggung jawab atas perencanaan, pengadaan, pengaturan  dan pendayagunaan SDM Kesehatan yang ada. Salah satu hal penting dalam tahap awal pemenuhan SDM Kesehatan yang kompeten dan merata adalah adanya perencanaan kebutuhan SDM Kesehatan. Perencanaan SDMK dimaksudkan untuk memperoleh gambaran jumlah, jenis, dan kualifikasi tenaga yang tepat di fasilitas pelayanan kesehatan untuk menghasilkan kinerja pelayanan kesehatan yang optimal.

Untuk memenuhi hal tersebut Kementerian Kesehatan dalam renstranya menetapkan beberapa indikator capaian melalui Renstra Kementerian Kesehatan Tahun 2015 – 2019. Indikator yang terkait program pengembangan dan pemberdayaan SDMK ada 3 yaitu: (1) jumlah puskesmas yang minimal memiliki 5 jenis tenaga kesehatan, (2) presentase RS Kabupaten/Kota kelas C yang memiliki 4 dokter spesialis dasar dan 3 dokter spesialis penunjang; dan (3) jumlah SDMK yang ditingkatkan kompetensimya.

Perhitungan KebutuhanSDMK dilakukan secara berjenjang, mulai dari fasyankes/institusi kesehatan di kabupaten/kota, provinsi dan ditabulasi di tingkat nasional untuk memperoleh dokumen perencanaan SDMK secara menyeluruh dan terintegrasi. Sehingga perencanaan SDMK tersebut disusun berdasarkan pada kebutuhan wilayah masing­ - masing (bottom up).

Untuk keperluan tersebut, Dinas Kesehatan DIY melalui dana dekonsentrasi menyelenggarakan Fasilitasi Perhitungan Kebutuhan  SDM Kesehatan di Daerah  DIY Tahun 2019. Salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Workshop Perencanaan Kebutuhan SDMK Tingkat Provinsi untuk memaparkan hasil perhitungan dan rencana penyusunan dokumen perencanaan kebutuhannya. Tujuan kegiatan tersebut antara lain:

1.    Kegiatan ini bertujuan untuk memaparkan hasil perhitungan perencanaan kebutuhan SDM Kesehatan di tingkat kabupaten/kota/provinsi.

2.    Terpaparkannya hasil perhitungan kebutuhan SDMK di kabupaten/kota dan provinsi

3.    Terpaparkannya perencanaan pemenuhan kebutuhan SDM Kesehatan berdasarkan hasil perhitungan kebutuhan di kabupaten/kota dan provinsi

4.    Terpaparkannya rencana tindak lanjut pemenuhan kebutuhan SDM Kesehatan berdasarkan hasil perhitungan kebutuhan di kabupaten/kota dan provinsi

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Mercure & Ibis Adusucipto Yogyakarta, Hotel Santika Premiere, Jl. Laksda Adi Sucipto No. 80., Yogyakarta pada hari Selasa, Rabu dan Kamis, tanggal 2,3 dan 4 Juli 2019. Peserta pertemuan berasal dari Dinas Kesehatan DIY, Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan BPPSDM Kesehatan Jakarta, RSUD di DIY, UPT Dinas Kesehatan DIY dan narasumber berasal dari BKD DIY, BKD Kab/Kota, dan Biro Organisasi DIY.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 4.164
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.172.300