Detail Berita


  • 30 Agustus 2023
  • 342
  • Berita

Supervisi SKI-2023 oleh Tim SKI DIY bersama Korwil I SKI 2023 di Puskesmas Depok II Kabupaten Sleman

 

Sebagai kelanjutan monitoring pelaksanaan SKI 2023 di DIY telah dilaksanakan kegiatan supervisi lanjutan oleh Koordinator SKI 2023 DIY (Kepala Dinas Kesehatan DIY) bersama tim SKI DIY dan Korwil I SKI 2023. Supervisi dilaksanakan di puskesmas Depok II wilayah Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Lokasi tersebut dipilih mengingat pada tanggal tersebut bertepatan dengan pelaksanaan rapat koordinasi persiapan akhir untuk pemeriksaan Biomedis di wilayah setempat

Dalam kesempatan kunjungan telah diterima oleh Kabid SDK Dinas Kesehatan Sleman sekaligus sebagai PJO SKI Kabupaten Sleman beserta jajaran Dinas Kesehatan dan PJT, PJAL kabupaten. Sebagai tuan rumah hadir kepala Puskesmas beserta jajaran termasuk di dalamnya tim Nakes yang akan bertugas dalam biomedis dan tim enumerator lengkap.

Dalam kesempatan pengarahan Koordinator SKI DIY menyampaikan dan menekankan kembali pentingnya SKI bagi pembangunan kesehatan baik di pusat maupun daerah. Dengan pentingnya misi yang dijalankan diharapkan dapat menjaga dengan sebaik-baiknya tujuan awal dari SKI yaitu menghasilkan data yang sesunguhnya di lapangan. Kepada enumerator dan tim Nakes yang bertugas Koordinator SKI sekaligus sebagai Ibu Kepala Dinas Kesehatan DIY menegaskan bahwa data harus riel sesuai dengan apa yang ada di lapangan dan harus dipertahankan sebagaimana adanya.

Berbagai bahasan juga telah disampaikan berkaitan dengan progress pelaksanaan, sumberdaya, manajemen, dan kendala-kendala di wilayah. Secara umum hasil pemantauan menunjukkan seluruh rangkaian dan rencana kegiatan untuk awal pelaksanaan  pengumpulan data telah berjalan dengan baik. Beberapa kendala telah disolusikan dan beberapa dalam proses penyelesaian dan koordinasi.

Pelaksanaan biomedis sebelumnya oleh tim enumerator di puskesmas yang berbeda yang semula memiliki tingkat respon rate sangat rendah, namun berhasil dilakukan pengulangan dengan melakukan kerjasama dukungan bantuan berbagai pihak yang telah mengangkat respon rate menjadi sangat baik, menjadi catatan pembelajaran yang disampaikan dalam monev

 

 

 

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 1.427
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 22.025.435