Detail Berita


  • 17 Juli 2024
  • 210
  • Berita

Sosialisasi Dashboard Digitalisasi Stunting DIY

Dalam menyelesaikan permasalahan stunting di Indonesia ditemukan sejumlah kondisi yang masih menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya angka stunting, yaitu buruknya kesehatan ibu dan anak, rendahnya mutu fasilitas kesehatan, pola hidup bersih sehat masyarakat yang masih rendah dan belum terintegrasinya sistem informasi penanganan stunting. Sebagai salah satu faktor strategis, pengintegrasian sistem informasi penanganan stunting dipandang perlu untuk segera diwujudkan.Data stunting yang akurat sebagai produk dari sistem informasi yang baik menjadi dasar pengambilan keputusan oleh stakeholder. Dalam mewujudkan optimalisasi penanganan stunting dengan pemanfaatan teknologi digital, Pemerintah Daerah DIY melaksanakan Reformasi Birokrasi Tematik dengan membangun Dashboard Digitalisasi Stunting . 

Dashboard Digitalisasi Stunting telah diinisiasi sejak tahun 2023 dimulai dengan menampilan status gizi balita di DIY dengan peta sebaran balita stunting hingga level Kalurahan/Kelurahan. Dari dashboard ini, dapat dilihat jumlah Kalurahan/Kelurahan dan Kapanewon dengan jumlah balita stunting terbanyak. Pada awal penyusunan data lintas sektor terkait upaya yang telah dilakukan sudah diidentifikasi namun belum bisa ditayangkan karena masih penyesuaian format data untuk memudahkan proses digitalisasi.

Pada awal tahun 2024, Dinas Kesehatan DIY dan Dinas Komunikasi dan Informatika DIY selaku koordinator Dashboard Digitalisasi Stunting telah melaksanakan koordinasi dengan lintas sektor terkait. Koordinasi ini untuk mengidentifikasi data dan informasi terkait intervensi atau upaya yang dilakukan dalam percepatan penurunan stunting di DIY. OPD melakukan identifikasi data yang akan diinputkan dalam Dashboard Digitalisasi Stunting dan memasukkan data kedalam folder bersama yang telah disiapkan. Dinas Komunikasi dan Informatika DIY yang akan memfasilitasi pembuatan Dashboard Digitalisasi Stunting.

Bersamaan dengan pertemuan lintas sektor untuk koordinasi kesehatan ibu dan anak, stunting dan imunisasi pada hari Senin-Selasa, 15-16 Juli 2024 bertempat di Hotel Grand Rohan Jogja, Dinas Kesehatan DIY melakukan sosialisasi Dashboard Digitalisasi Stunting. Pengembangan Dashboard Digitalisasi Stunting bermanfaat untuk memberikan informasi terkait apa yang sudah dilakukan oleh siapa, di wilayah mana dan apa yang masih perlu ditingkatkan. Harapannya upaya pemanfaatan teknologi digital ini dapat berkontribusi optimal dalam upaya percepatan penurunan angka prevalensi stunting di DIY.

Sosialisasi Dashboard Digitalisasi Stunting DIY   Pertemuan Koordinasi Lintas Sektor Percepatan Penurunan Stunting

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 4.502
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 25.707.879