Detail Berita


  • 29 April 2019
  • 1.753
  • Berita

Rifaskes Siap Dilaksanakan di DIY

Kebutuhan akan data dan informasi kesehatan bisa dihasilkan dari berbagai kegiatan mulai dari kegiatan rutin berupa pencatatan dan pelaporan, tetapi juga masih membutuhkan data pembanding dari survei maupun riset. Bahkan kadang-kadang data dari riset ini dipercaya lebih akurat dan valid serta akuntabel. Oleh karenanya Badan Litbang Kesehatan secara rutin  melakukan riset dengan topik yang berbeda setiap tahunnya.

Rifaskes tahun 2019 ini mengambil topik  tentang evaluasi pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional. Dari hal tersebut jelas bahwa kesemestaan dalam jaminan kesehatan tidak cukup hanya akses pelayanan yang berkualitas tapi juga seluruh aspek mulai dari kepesertaan, tata kelola, SDM, sarana prasarana, obat dan alat kesehatan, sistem informasi, pelayanan dan pembiayaan.

Dalam Rifaskes 2019 yang akan mengevaluasi pelaksanaan JKN dari berbagai aspek di atas tentu membutuhkan kemampuan, pengalaman dan kompetensi dari para enumerator sebagai pengumpul data di lapangan. Selama kurang lebih seminggu ini para enumerator sudah mengikuti pelatihan dan dibekali dengan pengetahuan umum tentang isi kuesioner, manajemen data mulai dari cara entri data dengan aplikasi tertentu, pengiriman data, hingga cara berkomuniasi yang baik. Bahwa responden yang akan ditemui nanti adalah institusi, bukan masyarakat umum, sehingga perlu dilakukan dengan strategi dan pendekatan khusus. Tentu para enumerator sudah mempunyai basic pendidikan kesehatan (dokter, kesmas, perawat, bidan dll) sebagai modal utama.

Semua yakin dan percaya bahwa para enumerator ini merupakan tenaga handal yang layak untuk melaksanakan pengumpulan data di lapangan. “Bekal yang sudah dimiliki ini mohon agar benar – benar bisa dilaksanakan di lapangan nanti, karena Anda terpilih dengan seleksi secara terbuka, transparan dan akuntabel dengan jumlah pendaftar sebanyak 415 dan dibutuhkan hanya 62 orang enumerator saja”, demikian apa yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan DIY dalam penutupan workshop enumerator Rifaskes 2019 di Hotel Santika Premier Yogyakarta. Kualitas hasil Rifaskes 2019 nantinya, akan sangat tergantung dengan  kinerja para enumerator ini. Apa yang didapatkan dalam workshop ini tentunya sangat berharga dalam menjalankan tugas sebagai enumerator Rifaskes 2019. Para enumerator nanti akan bertemu dan berhadapan dengan institusi fasilitas pelayanan kesehatan baik RS, puskesmas, klinik pratama, apotik, laboratorium klinik, praktek mandiri dokter dan bidan. Hal ini penting karena untuk menghasilkan hasil survei yang optimal, diperlukan enumerator yang berkualitas dan handal serta berpengalaman yang pada akhirnya akan menghasilkan data yang berkualitas dan dipercaya validitasnya.

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 22.742
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.277.601