Detail Berita


  • 13 Maret 2019
  • 1.264
  • Berita

RAKORTEK PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH TAHUN 2019 REGIONAL WILAYAH 1

Tanggal 27 sampai 28 Februari 2019 Dinas Kesehatan DIY menghadiri Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Perencanaan Pembangunan Daerah Tahun 2019 Regional Wilayah I di Hotel Grand Inna Padang Sumatera Barat yang dihadiri oleh Kementerian Dalam Negeri RI, Badan Perencanaan Nasioanl (Bappenas), Kementerian Kesehatan, Bappeda dan Dinas Kesehatan Provinsi.

Pertemuan koordinasi tersebut merupakan tindak lanjut dari penginputan kegiatan dekonsentrasi dalam sistem informasi SELARAS serta KRISNA (aplikasi Perencanaan Pusat yang dipergunakan untuk sinkronisasi / keselarasan dan pengusulan DAK).

Diterangkan pada pertemuan bahwa dalam Prioritas Nasional (PN) ada 5 (lima) diantaranya untuk bidang kesehatan terdapat di PN 1 yaitu Pembangunan Manusia dan Pengentasan Kemiskinan dengan program prioritas yaitu Peningkatan Akses dan Kualitas Pelayanan Kesehatan.

Terkait program prioritas yaitu Peningkatan Akses dan Kualitas Pelayanan Kesehatan terdapat 5 kegiatan prioritas yakni Peningkatan kesehatan ibu, anak, keluarga berencana (KB) dan kesehatan reproduksi,Percepatan perbaikan gizi masyarakat, Peningkatan pencegahan penyakit, Penguatan Gerakan Masyarkat Hidup Sehat (GERMAS), dan Peningkatan pelayanan kesehatan dan pengawasan obat dan makanan.

Hasil desk untuk Daerah Istimewa Yogyakarta bidang Kesehatan didapatkan bahwa Terdapat 73 usulan di aplikasi KRISNA SELARAS 2020 yang dibahas  dan terdapat 44 usulan yang telah sesuai secara teknis dan kewenangan serta dapat disetujui. Untuk Kegiatan yang belum dapat dibahas, dapat dilanjutkan dalam pembahasan selanjutnya secara online yang akan dibuka setelah pelaksanaan Rakortek I.

Kegiatan yang telah disetujui akan dijadikan masukan dalam MUSRENBANGNAS dan masukan dalam penyusunan RENJA KL. Usulan kegiatan oleh daerah yang termasuk dalam menu dekonsentrasi tetapi berbeda dalam pengusulan nomenklatur detail usulan daerah maka agar menyesuaikan dengan target dan nomenklatur Kementerian Kesehatan RI.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 23.564
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.278.423