Detail Berita


  • 18 Juni 2018
  • 787
  • Berita

Pos Kesehatan Lebaran 2018 Siap Layani Pemudik

Kesiapan jajaran kesehatan dalam menyiapkan pelayanan kepada para pemudik diwujudkan dengan penyiapan pos kesehatan pada beberapa tempat strategis baik di jalan raya maupun kawasan pariwisata.

Secara nasional sudah disiapkan 923 Pos Kesehatan, 2.231 Puskesmas, 375 rumah sakit, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan 174 Public Service Center 119. Menkes juga telah menerbitkan surat edaran nomor HK.02.01/MENKES/306/2018 tentang penyelenggaraan layanan kesehatan pada situasi khusus libur keagamaan 2018 dan tahun baru 2019 kepada seluruh gubernur di seluruh Indonesia.

 

Melalui surat edaran itu diharapkan Gubernur mengkoordinasikan kepada bupati/walikota untuk membentuk tim penyelenggara kesehatan mudik, pembentukan Pos Kesehatan, mengadakan PSC, pemberian layan kesehatan 24 jam di Puskesmas dan rumah sakit di sepanjang jalur mudik, lokasi wisata (sedang dalam pengecekan lokasi), penyiapan tim gawat darurat dengan evakuasi medik.

 

Untuk wilayah DIY juga telah menyiapkan layanan pos kesehatan yang tersebar pada beberapa titik-titik ruas jalan rawan kecelakaan dan daerah wisata yang akan dikunjungi oleh banyak masyarakat selama libur lebaran 2018 ini. Untuk memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan dan kesiapan pos kesehatan tersebut Dinas Kesehatan DIY dan Dinas Kesehatan Kab/kota di DIY melakukan monitoring secara rutin.

 

Pada monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan DIY khususnya di daerah Srandakan Kabupaten Bantul pada tanggal 17 Juni kemarin dilaporkan bahwa puskesmas Srandakan  Bantul telah menyiapkan shift jaga petugas kesehatan yang cukup memadai. Begitu juga ketersediaan obat-obatan dan sarana kesehatan yang dubutuhkan siap untuk melayani masyarakat selama libur lebaran 2018.

 

Selain monev pada fasilitas kesehatan primer (puskesmas), juga dilakukan pengecekan dan kunjungan pada beberapa pos kesehatan yang terintegrasi dengan lintas sektor seperti kepolisian, BPJS, Jasa Raharja, PMI dan lainnya. Salah satu pos yang dikoordinir oleh RS PKU Muhammadiyah Bantul di daerah Bunderan sebelum Srandakan juga siap melayani bila terjadi kecelakaan dan kegawatdaruraratan kesehatan lainnya di daerah tersebut. Pada pos tersebut disediakan ambulance, tenaga kesehatan medis/paramedis dan perlengkapan alat kesehatan lainnya.

 

Sementara itu beberapa kawasan wisata di sepanjang pantai Goa Cemara, Kwaru dan pantai Baru juga disipakan pos kesehatan terintegrasi dengan pihak kepolisian dan SAR Linmas DIY. Sejauh pantauan yang dilakukan kemarin tidak terjadi hal-hal yang cukup mengkhawatirkan dan berjalan lancar selama melayani masyarakat yangs sedang berwisata di sepanjang pantai tersebut.  Tenaga medis dan paramedis serta ambulance sudah disiapkan bila sewaktu-waktu diperlukan oleh masyarakat di lokasi wisata tersebut.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 17.090
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.185.226