Detail Berita


  • 03 Juni 2024
  • 209
  • Berita

"Measure Your Blood Pressure Accurately, Control It, and Live Longer" Tema Peringatan Hari Hipertensi Se Dunia

Peringatan Hari Hipertensi Sedunia, Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta Gelar POSBINDU Penyakit Tidak Menular Massal di Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral Daerah Istimewa Yogyakarta

 

Pemberitahuan laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, tanggal 17 Mei diperingati sebagai Hari Hipertensi Sedunia atau kita sebut juga dengan World Hypertension Day. Tujuan utama memperingati Hari Hipertensi Sedunia untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyakit hipertensi melalui pengenalan tanda dan gejala, faktor risiko hingga dengan cara pencegahannya. Tema yang diusung pada Hari Hipertensi Sedunia 2024 ini adalah "Measure Your Blood Pressure Accurately, Control It, and Live Longer" yang artinya "Ukur Tekanan Darah Anda Secara Akurat, Kendalikan, dan Hidup Lebih Lama". Melalui tema ini, World Hypertension League (WHL) berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan tekanan darah tinggi dan keakuratan pengukuran tekanan darah menuju pengendalian penyakit hipertensi.

Dalam memperingati Hari Hipertensi Sedunia yang jatuh pada 17 Mei ini, Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta berkolaborasi dengan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUPESDM) Daerah Istimewa Yogyakarta untuk melakukan POSBINDU massal yang didalamnya terdapat serangkaian pemeriksaan kesehatan dini yaitu pemeriksaan tinggi badan dan berat badan untuk mengidentifikasi Indeks Masa Tubuh (IMT), pemeriksaan lingkar perut untuk mengidentifikasi tipe obesitas, pemeriksaan gula darah sewaktu, dan pemeriksaan tekanan darah. Selain skrining faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM), kegiatan ini melakukan skrining penyakit Tuberkulosis dan kesehatan jiwa. Kemudian, hasil pemeriksaan kesehatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan konsultasi dengan dokter yang bertugas.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan massal ini setidaknya diikuti hampir 700 peserta Dinas PUPESDM yang berlangsung selama 3 hari. Dinas Kesehatan DIY akan terus meningkatkan kegiatan ini dengan memperluas jaring kolaborasi dengan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) lainnya, dan Lintas Program Dinas Kesehatan DIY termasuk juga dengan organisasi swasta. Kegiatan POSBINDU massal ini merupakan bagian dari kolaborasi strategis yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan DIY dengan  harapan mampu memberikan dampak positif yang bermanfaat dalam meningkatkan kesadaran untuk menjalankan pola hidup sehat, terutama dalam melawan penyakit hipertensi.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 6.868
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 25.710.245