Detail Berita


  • 18 Juli 2018
  • 1.111
  • Berita

Empat Sekolah Mewakili DIY dalam LSS Tingkat Nasional 2018

Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) mempunyai peran penting dalam meningkatkan kesehatan peserta didik. Sedangkan kesehatan peserta didik merupakan mata rantai yang penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dan sebagai modal dasar pembangunan. Selain itu, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus selalu dibiasakan, bahkan harus menjadi budaya. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah DIY Ir. Gatot Saptadi dalam acara penyambutan tim juri  Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional di Ruang Sasana Wiyata Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY (16/7). “Yang baik katakanlah baik, dan yang masih perlu pembenahan agar disampaikan, sehingga hal tersebut menjadi proses perbaikan yang terus menerus, karena adanya lomba ini juga merupakan awal dari proses itu sendiri” pesan beliau.

Sedangkan ketua tim juri Direktur Bina Pengembangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Sri Purwaningsih, S.H., MAP pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa Lomba Sekolah Sehat tingkat nasional terbagi menjadi dua kategori, yaitu best performance (kinerja terbaik) untuk sekolah di perkotaan dan best achievement (pencapaian terbaik) untuk sekolah di pedesaan. Adanya pembedaan kategori ini memungkinkan sekolah yang berada di pedesaan dengan minim fasilitas dapat bersaing asalkan memiliki upaya yang kuat dalam melaksanakan Trias UKS dan menjadikan sekolah menjadi sekolah yang sehat.

Adapun tahun ini (2018) DIY kembali mengirimkan empat sekolah dalam Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional. Sekolah tersebut adalah TK Al Farabi Kasihan Bantul, SD Sungapan Sedayu Bantul, SMP Negeri 8 Yogyakarta, dan SMK Negeri 1 Sewon Bantul. Tim juri sebanyak sebelas personel dari Kemendagri, Kemendikbud dan Kemenkes akan melakukan verifikasi lapangan pada 16-18 Juli 2018. Terjadwal hari pertama (16/7) melakukan verifikasi di TP UKS provinsi DIY, SMPN 8 Yogyakarta, TP UKS Kota Yogyakarta dan TP UKS Kec Gondokusuman. Hari kedua (17/7) verifikasi dilakukan di TK Al Farabi, TP UKS Kec. Kasihan, SMKN 1 Sewon dan TP UKS Kec Sewon, sedangkan hari ketiga (18/7) di SD Sungapan, TP UKS Kec Sedayu dan terakhir di TP UKS Kab Bantul. (pf26)

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 16.037
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.156.412