Detail Berita


  • 09 November 2016
  • 1.362
  • Berita

SEBERAPA BAIK KUALITAS DATA KITA?

Pemenuhan data dan informasi kesehatan berbasis dari hasil penelitian/survai/kajian sangat diperlukan dalam mendukung perencanaan dan pengembangan program kesehatan di DIY. Melalui Jejaring Pengelitian Kesehatan yang beranggotakan dari beberapa pergurian tinggi di bidang kesehatan di DIY telah diidentifikasi beberapa hasil penelitian/kajian/survai yang dapat memenuhi kebutuhan data dan informasi di bidang kesehatan.

             Dalam rangka sosialisasi dan penyebarluasan informasi hasil penelitian/kajian/survai yang dirasakan sangat bermanfaat untuk perencanaan dan pengembangan program kesehatan, maka perlu dilaksanakan forum diseminasi informasi untuk melakukan ekspose hasil litkes tersebut.

             Selain hal di atas, Dinas Kesehatan DIY melalui beberapa program juga melaksanakan kajian dan survey sesuai kepentingan program masing-masing. Bidang Yankes melalui Seksi Pelayanan Informasi Kesehatan melakukan survey kesehatan daerah dengan topik Evaluasi Penyelenggaraan Puskesmas sesuai Permenkes No.75 Tahun 2014 tentang Puskesmas.  Begitu juga bidang lain juga melaksanakan kegiatan kajian dan survey sesuai kepentingan program tersebut.

             Serangkaian Riset Kesehatan Nasional (Riskesnas) telah dilaksanakan oleh Badan Litbangkes. Riskesnas pertama dilaksanakan berupa Riset Kesehatan Dasar 2007, dilanjutkan dengan Riset Kesehatan Dasar 2010, Riset Fasilitas Kesehatan 2011, Riset Kesehatan Dasar 2013 dan Studi Diet Total dalam bentuk Survei Konsumsi Makanan Individu Tahun 2014. Secara umum berbagai riset ini dimaksudkan untuk menyediakan data indikator status kesehatan dan faktor risikonya.

             Berbagai kegiatan analisis lanjut juga sudah dilakukan, tahun 2012 dan 2013. Analisis lanjut merupakan kegiatan menganalisis data hasil riset kesehatan nasional, diluar dari laporan yang sudah diterbitkan, untuk menghasilkan pengetahuan baru yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan, bagi penelitian lebih lanjut, maupun untuk perumusan kebijakan program kesehatan. Pada tahun 2015, dilakukan analisis lanjut Riskesnas terutama Riskesdas 2013 dan Studi Diet Total 2014, dengan biaya dari Pusat Teknologi Terapan Kesehatan dan Epidemiologi Klinik.

               Berbagai hasil penelitian tersebut perlu dilakukan diseminasi hasil kepada pihak – pihak yang berkepentingan sehingga hasil riset tidak hanya berhenti di meja para peneliti sendiri tetapi bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan khususnya dalam penyusunan dan perumusan kebijakan kesehatan yang dapat memberikan manfaat untuk masyarakat pada umumnya. Diseminasi data dan informasi ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan DIY dengan menyajikan berbagai hasil kajian dan penelitian yang dilakukan oleh BPS, BKKBN, BPPM, Dinas Kesehatan, Badan Litbangkes dan lainnya. Diseminasi dilaksanakan selama 3 hari bertempat di aula Balai Laboratorium Kesehatan Yogyakarta dengan peserta para pengelola program di Dinas Kesehatan DIY, pengelola data Dinkes Kab/kota serta perwakilan beberapa puskesmas.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 27.000
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.077.226