Detail Berita


  • 04 April 2023
  • 641
  • Berita

Kolaborasi Tenaga Kesehatan DIY dalam Upaya Eliminasi TBC di Wilayah Yogyakarta dalam rangka Hari TBC Sedunia 2023

Dalam rangka memperingati Hari TBC Sedunia 2023, Dinas Kesehatan DIY bekerja sama dengan beberapa organisasi profesi, yaitu PPTI, IDI, PPNI, dan IAI DIY untuk mengadakan kegiatan webinar dengan tema SINERGI-TBC (Saling Berkolaborasi Meningkatkan Upaya Eliminasi TBC) dalam upaya mengeliminasi TBC di wilayah DIY. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi dan dukungan dari seluruh pihak dalam upaya eliminasi TBC di wilayah DIY.

Kegiatan webinar tersebut dihadiri oleh narasumber yang kompeten dalam bidangnya, yaitu dr. Ari Kurniawati MPH sebagai pembicara materi kebijakan dan situasi TBC di DIY, dr. Andajani Woerjandari, MPH sebagai pembicara materi peran dokter dalam program penanggulangan TBC, Zusnita Agustina, S.Kep.,Ns sebagai pembicara materi peran perawat dalam program penanggulangan TBC, dan Apt. Tunggul Wardani, S.Farm sebagai pembicara materi peran apoteker dalam program penanggulangan TBC.

Webinar yang diadakan pada Jumat, 31 Maret 2023, ini diikuti oleh 995 peserta dari berbagai profesi, mulai dari dokter, perawat, apoteker, hingga programer TB Puskesmas. Para peserta memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan ini, salah satunya adalah dr. Imam Khoirul Fajri, M.M dari Klinik Pratama Aswaja yang mengatakan bahwa kegiatan ini sangat membantu dalam mengenali suspek TBC di lingkungan wilayah sekitar.

Selain itu, apt. Arsanti Ratrihening, S. Si. dari Apotek Setia juga mengungkapkan bahwa materi yang disampaikan sangat bermanfaat dalam pekerjaan kefarmasiannya. Sedangkan Nur Aini Hanifah, A.Md.KepPerawat dan programer TB Puskesmas Tempel 1 mengatakan bahwa kegiatan ini sangat edukatif terutama untuk para perawat dalam menghadapi dan mendampingi pasien TB dalam pengobatannya.

Webinar ini juga memberikan keuntungan bagi para peserta, yaitu dapat mengajukan SKP (Sertifikat Kepaniteraan Klinik) gratis melalui IDI, PPNI, dan IAI. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah bagi peserta dalam meningkatkan kualitas dan kompetensinya dalam penanggulangan TBC.

Dengan adanya kegiatan SINERGI-TBC ini, diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi dan dukungan dari seluruh pihak dalam upaya eliminasi TBC di wilayah DIY. Kita semua harus menyadari bahwa upaya eliminasi TBC bukan hanya menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan, namun juga menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat. Mari kita bergandengan tangan dalam upaya mengeliminasi TBC di wilayah DIY.(Apt.Edwin Daru Anggara, M.Sc.MPH)

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 22.450
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.866.901