Detail Berita


  • 30 September 2021
  • 166
  • Berita

Kerjasama Lintas Sektor Dalam Program Kesehatan Jiwa Melalui Tpkjm (Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat)

Kesehatan Jiwa adalah kondisi dimana seorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spiritual, dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuan sendiri, dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya. Kesehatan jiwa merupakan salah satu masalah kesehatan di dunia termasuk di Indonesia. Gangguan jiwa dapat terjadi pada anak sampai lanjut usia.

PemecahanMasalahkesehatanjiwamemerlukanupaya yang menyeluruh, terpadu dan berkesinambungandenganprinsip pada koordinatif, konsultatif, informatif, fasilitatif, pengawasan, pengendalian dan pengembangansistemsertapemecahanmasalahlintassektor dan peransertamasyarakat. Upaya Bina Jiwa   meliputipromotifpreventif, kuratif  danRehabilitatif dan diperlukan dukungandarisemualintassektor. TPKJM merupakan Tim lintassektor yang melaksanakan program-program keswamas di Provinsi, Kabupaten/Kota sampai pada Kecamatan.

Masalah Kesehatan jiwa yang komplek di Daerah Istimewa Yogyakarta menjadikan program iniharusmenjadifokusuntukdapatdicegah dan dikendalikan. Masih tingginya stigma dan labelisasisertapenolakankepada Orang denganGangguanjiwa, ditambahdengankasusgangguan  mental emosional dan depresi yang selalumeningkat. Selainitukondisibunuhdiri juga semakinmeningkatditambahdengankondisi di era pandemi covid inimenjadikanfokus pada penanggulangan Kesehatan jiwa di DIY. Perluadanyalangkahnyata yang harusdilakukan oleh pemerintah DIY agar masalah Kesehatan jiwatidakmenjadibomwaktu yang sewaktuwaktubisameledak.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan DIY yaitu dengan menginisiasi untuk menghidupkan TPKJM kembali yang ada di Provinsi DIY.  Pada tangal 27 Agustus 2021, Dinas kesehatan melaksanakan kegiatan ”LessonLearn” dengan contoh implementasi TPKJM di provinsi yang lain yaitu Provinsi Kalimantan Selatan. Saat ini, pembentukan TPKJM di provinsi DIY sedang dibentuk dengan ketua pembentukan TPKJM ada di Biro Bina Mental Sekretariat Daerah DIY dengan memfasilitas peran dan lintas sektor yang ada di bawah lingkungan PEMDA DIY.

TPKJM ini merupakan suatu wadah koordinatif lintas sektor dalam pencegahan dan penanggulangan masalah kesehatan jiwa dan psikososial dengan bekerja sama pada lintas sektor terkait, peran serta masyarakat, kemitraan swasta, LSM , kelompok profesi dan organisasi masyarakat. Wadah koordinatif ini secara terpadu  dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarakat dalam menghadapai masalah kesehatan jiwa sehingga akan terbentuk perilaku sehat sebagai individu, keluarga dan masyarakat yang memungkinkan setiap orang hidup lebih produktif secara sosial dan ekonomis.

Pada wadah ini ada beberapa lintas sektor yang mengambil peran dalam penanggulangan kesehatan jiwa masyarakat antara lain Dinas Pendidikan dan olahraga, Kementrian agama , Disperindagkop, Badan Pembangunan Daerah (Bappeda), BPKA, Biro Bina Mental, Dinas Koperasi, Biro Hukum, Biro Pemberdayaan masyarakat, dan LSM yang ada di DIY. Pelaksanaan ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk koordinatif dan pengawasan pada kesehatan jiwa masyarakat dalam upaya prootif,preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 52
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 4.178.017