Detail Berita


  • 12 Januari 2023
  • 95
  • Berita

HPMI DIY lakukan Audiensi dan Kunjungan ke Dinas Kesehatan DIY

Selasa, 10 Januari 2023, Dinas Kesehatan DIY menerima kunjungan silaturrahmi serta audiensi dari Pengurus HPMI (Himpunan Perawat Manajer Indonesia) Cabang DIY di Ruang Rapat Aula C Dinas Kesehatan DIY. Audiensi ini dihadiri oleh pengurus inti serta ketua bidang dalam kepengurusan HPMI DIY. Kepala Dinas Kesehatan DIY didampingi jajaran menyambut hangat kunjungan ini.

Mengawali pertemuan, dimulai dengan perkenalan secara singkat tentang HPMI Cab. DIY serta pengurus yang turut hadir dalam pertemuan ini. Selanjutnya, Ketua HPMI DIY, Ibu Nuryandari, SKM, M.Kes menyampaikan beberapa hal diantaranya mengenai HPMI merupakan salah satu badan kelengkapan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang menghimpun profesi perawat manajer, dengan kedaulatan tertinggi ada di tangan anggota melalui Kongres Nasional. HPMI dibentuk dengan tujuan : meningkatkan dan atau mengembangkan kompetensi perawat manajer dalam mendukung pelayanan keperawatan yang berkualitas, memberdayakan manajemen pelayanan keperawatan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan dan menjalin kerjasama perawat manajer di dalam dan di luar negeri. HPMI berperan sebagai wadah komunikasi dalam melaksanakan kegiatan manajerial untuk meningkatkan mutu pelayanan keperawatan. HPMI berfungsi sebagai pusat pengembangan praktik manajemen pelayanan keperawatan di Indonesia, HPMI sebagai wadah perumusan kebijakan yang berkaitan dengan manajemen keperawatan.

Adapun visi HPMI DIY adalah “Membangun perawat manajer DIY yang memiliki pandangan visioner, bermartabat, kompetitif, tangguh dan mampu menjadi teladan.” Didukung dengan misi HPMI DIY : menyatukan pandangan dan arah perawat manajer DIY dalam optimalisasi mutu pelayanan keperawatan, melaksanakan pembinaan etik, melindungi hak dan kewajiban perawat manajer, meningkatkan kapasitas perawat manajer yang berdaya saing dan berwawasan global, menciptakan inovasi dan berkontribusi dalam kebijakan pelayanan keperawatan di DIY.

 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan DIY, drg. Pembajun Setyaningastutie, M.Kes menyampaikan mengucapkan terimakasih atas apa yang sudah disampaikan bagaimana HPMI akan berkiprah. Seperti kita ketahui bersama bahwa teman-teman perawat sungguh luar biasa dari sisi kuantitas maupun kualitasnya. Beberapa hal arahan yang disampaikan sesuai rencana kerja HPMI kedepan agar diimplementasikan sesuai dengan kebijakan pusat dan daerah, saat ini adalah Transformasi sistem Kesehatan. HPMI agar tidak hanya sebatas berkiprah di lingkungan Rumah Sakit saja tetapi di semua fasilitas kesehatan. Mohon ada transfer knowledge untuk teman-teman perawat di Puskesmas, karena pada layanan primer saat ini ada program Posyandu Prima yang menjadi ujung tombak (perawat, bidan dan kader), dalam Transformasi sistem Kesehatan ada 20 layanan di Posyandu Prima. Perawat bisa membantu untuk melatih kader, berbagi informasi dan ketrampilan kepada teman-teman perawat agar dibuat lebih percaya diri.

Di pelayanan rujukan saat ini focus pada pelayanan penyakit prioritas (jantung, stroke, kanker, uronefro). Teman-teman perawat sangat mempunyai peran disana, apalagi manajer. Harus ada Teamwork untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Peran HPMI untuk masyarakat DIY agar menjadikan lebih sehat melalui deteksi dini dan asuhan keperawatan  Penyakit Tidak Menular (PTM) dan  penyakit menular. Perawat berperan dalam edukasi pada masyarakat. Meningkatkan literasi anggota dengan menciptakan buku/pedoman kerja dan HPMI agar berperan dalam menciptakan perawat yang berstandar global.

Akhir kata Kepala Dinas Kesehatan DIY mengucapkan Selamat atas kepengurusan HPMI yang baru, kita akan bekerjasama membangun DIY, terus berjuang untuk ibadah, kuncinya berbuat baik untuk orang banyak. Pertemuan pun berakhir dengan foto bersama.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 5.716
  • Bulan Ini

  • 982.632
  • Total Kunjungan

  • 9.611.710