Detail Berita


  • 14 Januari 2023
  • 383
  • Berita

Hasil Evaluasi Pasca Pelatihan Tahun 2022

Sesuai dengan Peraturan Gubernur DIY Nomor 87 tahun 2018 tentang tugas Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) sebagaimana dimakasud dalam pasal 2 ayat (1) huruf d, Bapelkes Dinas Kesehatan DIY mempunyai tugas merencanakan, menyelenggarakan dan mengevaluasi pelatihankesehatan bagi tenaga kesehatan dan masyarakat untuk meningkatkan persentase mantan linatih yang meningkat kompetensinya. Salah satu indikator keberhasilan pelatihan adalah adanya peningkatan kompetensi mantan linatih. Dalam rangka mewujudkan peningkatan kompetensi, tentu pelaksanaan pelatihan harus memperhatikan kaidah-kaidah kediklatan. Untuk mengetahui keberhasilan pelatihan yang telah dilaksanakan maka perlu dilakukan pembuktian melalui kegiatan evaluasi pasca pelatihan. Evaluasi pasca pelatihan bukan saja sebagai upaya untuk mengetahui seberapa bermanfaat pelatihan tersebut terhadap individu, tim, atau organisasinya tetapi juga sebagai sebuah rangkaian siklus yang dinamis dan berkesinambungan dalam memberikan umpan balik pada proses perbaikan dan penyempurnaan program pelatihan serta pengembangan sumberdaya manusia kesehatan dalam arti luas. 

Pada tahun 2022 telah dilaksanakan Evaluasi Pasca Pelatihan (EPP) pada 6 pelatihan yang dipilih  berdasarkan pertimbanagn-pertimbangan antara lain:

  1. Pelatihan tersebut masih akan dilaksanakan lagi pada tahun-tahun mendatang
  2. Pelatihan tersebut merupakan program nasional yang masih menjadi prioritas
  3. Pelatihan sudah diterapkan minimal 3 – 6 bulan

Adapun 6 pelatihan yang telah dilakukan EPP pada tahun 2022 adalah: Pelatihan Penanggulangan KLB dan Wabah bagi TGC di Puskesmas; Pelatihan Surveilans Epidemiologi bagi Petugas Puskesmas; Pelatihan Komunikasi Efektif bagi Tenaga Kesehatan; Pelatihan Tim Penilai Jabatan Fungsional Kesehatan; Pelatihan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim; dan Pelatihan Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular. Tujuan dari kegiatan evaluasi pasca pelatihan ini adalah :

  1. Mengetahui penerapan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperoleh selama mengikuti pelatihan dalam melaksanakan pekerjaan.
  2. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan penerapan hasil pelatihan.

Hasil evaluasi pasca pelatihan selanjutnya dapat dilihat pada link berikut: https://bit.ly/LaporanEPPtahun2022

Sumber : https://bapelkes.jogjaprov.go.id/web/berita/detail/78-hasil-evaluasi-pasca-pelatihan-tahun-2022

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 5.556
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.055.782