Detail Berita


  • 30 Mei 2022
  • 141
  • Berita

Germas TB Gerakan Bersama Berantas Tuberkulosis Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Terhadap Penderita Tuberkulosis Di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Sentolo II

Indonesia menduduki peringkat ke -3 negara dengan jumlah TB terbanyak di dunia setelah India dan China. Kasus TB di D.I.Yogyakarta selalu meningkat setiap tahunnya. Di Kabupaten Kulon Progo, penyebaran TB terjadi di seluruh wilayah Kapanewon. Kasus TB pada tahun 2019 Kapanewon Sentolo terbanyak kedua setelah Kapanewon Wates. Tuberculosis (TB) adalah suatu penyakit infeksi menular langsung yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. TB merupakan penyakit yang dapat menimbulkan komplikasi hingga menyebabkan kematian bila tidak diobati atau tidak tuntas dalam pengobatan. Pengobatan TB dengan menggunakan obat anti tuberculosis diperlukan waktu yang cukup lama dalam pengobatannya. Dalam rangka menurunkan prevalensi TB, maka perlu dilakukan penemuan kasus TB yang ada dimasyarakat dan semua kasus yang ditemukan diharapkan akan dinyatakan sembuh.

Tujuan dari inovasi ini yaitu untuk meningkatkan layanan klinis dan peran serta masyakat dalam penanggulangan kasus TB. Meningkatkan pemahaman pasien keluarga maupun PMO akan penyakit TB sehingga mengurangi resiko mangkir ataupun DO. Meningkatkan angka kesembuhan pasien TB. Meningkatkan peran serta masyarakat dan pemangku kebijakan setempat dalam pengendalian penyakit TB sehingga meningkatkan angka suspeck dan penemuan kasus.

Inovasi ini berjalan sejak akhir tahun 2019 dan dibentuk Tim TB pada tahun 2020 dikuatkan dengan SK Inovasi pada awal tahun 2021. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan cakupan suspeck dan kualitas sampel yang baik adalah dengan melakukan bimbingan dan pelatihan kader TB (refreshing kader TB), melakukan kunjungan rumah penderita TB , melakukan skrening dan investigasi kontak pada kontak serumah dan beberapa rumah (min 4 rumah) disekitar rumah penderita TB. Memantau serta mengevaluasi hasil kegiatan kader TB. Kader diharapkan bisa mandiri melakukan pencarian suspeck dan sampel yang benar di masyarakat. Inovasi ini diberi judul Germas TB yang artinya Gerakan bersama berantas tuberkulosis dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap penderita tuberkulosis  di wilayah kerja UPT Puskesmas Sentolo II.

Dari inovasi ini dapat disimpulkan bahwa:

1. Meningkatnya layanan klinis dan peran serta masyarakat dalam penanggulangan kasus TB, 

2. Meningkatnya pemahaman pasien keluarga maupun PMO akan penyakit TB sehingga mengurangi resiko mangkir ataupun DO.

3. Meningkatnya angka kesembuhan pasien TB.

Meningkatnya peran serta masyarakat dan pemangku kebijakan setempat dalam pengendalian penyakit TB sehingga meningkatkan angka suspeck dan penemuan kasus.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 2.481
  • Bulan Ini

  • 769.825
  • Total Kunjungan

  • 7.221.682