Detail Berita


  • 30 Mei 2016
  • 1.792
  • Berita

Peniaian pemilihan puskesmas berprestasi

Pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan Nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap warga negara Indonesia. Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan menyebutkan Fasilitas pelayanan kesehatan terbagi atas pelayanan kesehatan tingkat pertama, kedua dan ketiga yang diselenggarakan oleh fasilitas pelayanan kesehatan milik Pemerintah, pemerintah daerah dan swasta.

Salah satu upaya pemerintah dalam pembangunan kesehatan adalah melaksanakan pelayanan kesehatan dasar melalui Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Keberhasilan pelayanan kesehatan di FKTP memberikan kontribusi yang  besar dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sehingga dapat dikatakan pelayanan primer merupakan tulang punggung pelayanan kesehatan.

Untuk memacu peningkatan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas maka perlu dilakukan berbagai terobosan. Penilaian Puskesmas Berprestasi merupakan salah satu  upaya membangun semangat puskesmas dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan berbudaya kerja bagi petugas puskesmas. Kegiatan ini dilaksanakan berjenjang mulai dari kabupaten, provinsi serta pusat dan merupakan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional.

Penilaian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Berprestasi merupakan salah satu bentuk pembinaan dan pengawasan yang dilakukan secara terintegrasi dan berjenjang untuk memberikan pengakuan dan penghargaan secara institusi maupun perorangan atas prestasi dan peran aktif FKTP dalam mendukung keberhasilan pembangunan di bidang kesehatan

Terkait hal tersebut maka Kementerian Kesehatan  bekerjasama dengan  stakeholder  terkait  menyusun pedoman pelaksanaan sebagai acuan dalam melakukan penilaian FKTP Berprestasi yang akan digunakan secara nasional. Penilaian dilaksanakan dengan menggunakan instrumen penilaian yang mengacu pada standar akreditasi FKTP untuk menilai proses penyelenggaraan kegiatan. Di  samping menilai proses, dilakukan penilaian hasil kerja dengan menggunakan indikator kinerja, serta inovasi yang dilaksanakan oleh FKTP, terutama dalam melaksanakan kegiatan promotif dan preventif  serta upaya meningkatkan peran serta masyarakat. 

Penilaian FKTP Berprestasi merupakan suatu upaya penilaian proses dan kinerja baik secara institusi maupun perorangan yang dilakukan oleh tim penilai secara berjenjang dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat. 

Tujuan Penilaian FKTP Berprestasi

Tujuan Umum: 

  1. Memberikan penghargaan Menteri Kesehatan terhadap FKTP atas mutu dan kinerja terbaiknya sebagai pemberi layanan kesehatan tingkat pertama yang berkontribusi terhadap pembangunan kesehatan di wilayahnya;
  2. Menumbuhkan semangat kompetisi di antara FKTP sebagai salah satu strategi  untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Tujuan Khusus: 

    • Memperoleh gambaran pelaksanaan manajemen administrasi dan klinis di Puskesmas, Klinik Pratama dan Praktik Dokter/Dokter Gigi;
    • Memperoleh gambaran pelaksanaan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di FKTP;
    • Memperoleh gambaran kemampuan  FKTP  dalam melaksanakan pengembangan dan inovasi pelayanan;
    • Memperoleh gambaran pelaksanaan upaya promosi dan prevensi terkait Upaya Kesehatan Masyarakat di FKTP;
    • Memperoleh gambaran pelaksanaan Upaya Kesehatan Perseorangan di FKTP;
    • Memperoleh informasi tentang potensi FKTP sebagai Pusat Penyedia Informasi di wilayahnya.
    • Terpilihnya FKTP Berprestasi


Pelaksanaan Penilaian Pemilihan Puskesmas Berprestasi di Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan jadwal sebagai berikut :

 Minggu ke 3 bulan April 2016 adalah batas verifikasi administrasi

 3 Mei 2016 Penetapan Calon Puskesmas Berprestasi tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2016 (4 Calon Puskesmas)

16 sampai 19 Mei 2016 Penilaian Kunjungan Lapangan

1 Juni 2016 Penetapan Puskesmas Berprestasi

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 3.110
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 6.622.533