Detail Berita


  • 05 Desember 2018
  • 1.699
  • Berita

Sejauh Mana Capaian Kinerja Promkes di DIY?

Masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan sebagai visi Kementerian Kesehatan seyogyanya data diwujudkan dengan salah satu misi dengan meningatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pemberdayaan. Pemberdayaan masyarakat disini tidak terbatas hanya dilakukan oleh pemerintah saja, melainkan juga melibatkan sektor swasta. Pembedayaan masyarakat oleh pemerintah dan swasta tersebut memerlukan indikator yang jelas dan terukur sebagai alat untuk mengukur kinerja.

Sehubungan hal diatas Dinas Kesehatan melalui Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat melaksanakan pertemuan evaluasi indikator kegiatan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari di Hotel Royal Darmo Yogyakarta dengan mengikutsertakan para pemegang program promosi kesehatan di kabupaten/kota dan perwakilan puskesmas.

Dalam pertemuan tersebut hadir Marsuli sebagai nara sumber dari Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat dengan memaparkan target dan capaian indikator Promosi Kesehatan pada Kementerian Kesehatan. Menurut Marsuli bahwa sebagian besar capaian indicator promkes di DIY sudah tercapai dengan baik di DIY seperti : Jumlah kebijakan publik berwawasan kesehatan, Kab/kota memiliki kebijakan PHBS, Desa memanfaatkan dana desa untuk UKBM,  dan lainnya. Salah satu indikagtor yang belum optimal adalah jumlah dunia usaha memanfaatkan CSR untuk program kesehatan. Hal ini menurut Marsuli dikarenakan untuk bisa bekerjasama dalam pemanfaatan dana CSR harus dilakukan dengan MOU dengan Kepala Daerah.

Dalam acara tersebut juga disampaikan capaian indikator kegiatan promosi kesehatan dari masing-masing kabuoaten/kota sesuai indicator yang ada pada Dinas Kesehatan Kab/kota dan indicator yang ditentukan dari Kementerian Kesehatan. Dalam diskusi juga disampaikan kendala dan hambatan dalam mencapai indicator promosi kesehatan masing-masing kab/kota. Sebagian besar mengeluhkan tentang terbatasnya sumber daya manusia sebagai pengelola program promosi kesehatan di puskesmas, selain tugas –tugas tambahan lainnya seperti PISPK, Germas dan lainnya.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 23.770
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.219.480