Detail Berita


  • 26 Juni 2018
  • 2.084
  • Berita

Edukasi Gerakan Masyarakat terhadap Penggunaan Alat Kesehatan dan PKRT yang Benar

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia yaitu kurang lebih 240 juta jiwa yang menjadikannya sebagai pasar terbesar dunia khususnya ASEAN untuk alat kesehatan. Kenyataan ini diperkuat dengan perkembangan ekonomi Indonesia yang semakin baik sehingga Indonesia menjadi pasar alat kesehatan yang menarik untuk investor bisnis alat kesehatan. Berdasarkan data market share yang ada, 93% alat kesehatan yang beredar di Indonesia merupakan produk impor. Hal tersebut sangat tidak mendukung terhadap kemandirian Nasional terhadap alat kesehatan maupun ketahanan ekonomi nasional.

Peningkatan kemanfaatan alat kesehatan dalam negeri adalah hal yang mutlak diakukan agar dapat mengendalikan harga alat kesehatan dan meningkatkan kemandirian nasional terhadap alat kesehatan dalam upaya kesehatan masyarakat. Industri alat kesehatan merupakan industri padat karya. Peningkatan industri alat kesehatan akan turut berperan dalam mengurangi tingkat ekonomi yang sangat berdampak terhadap kesehatan masyarakat. Dengan meningkatnya tingkat ekonomi masyarakat maka diharapkan diikuti dengan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan alat kesehatan dalam negeri.

Produsen di dalam negeri sudah mampu memproduksi alat kesehatan dan PKRT dengan kualitas yang tidak kalah saing dengan produk impor. Jumlah populasi Indonesia merupakan potensi pasar dalam negeri yang dapat dimanfaatkan oleh industri alat kesehatan dalam negeri dalam rangka ketahanan komoditi alat kesehatan. Hal ini sejalan dengan agenda pemberdayaan masyarakat terhadap antisipasi pada ketergantungan pada produk luar negeri sekaligus merupakan proses terstruktur untuk agenda alih teknologi.

Dalam hal penggunaan alat kesehatan yang aman, bermutu dan bermanfaat masih banyak ditemukan penggunaan yang salah ataupun tidak tepat guna. Kurangnya informasi penggunaan alat kesehatan dan PKRT yang benar sehingga perlu adanya pembekalan untuk memberikan pemahaman kepada tenaga kesehatan dan masyarakat mengenai alat kesehatan dan PKRT produksi dalam negeri. Oleh karena itu dilakukan kegiatan Edukasi Gerakan Masyarakat terhadap Penggunaan Alat Kesehatan dan PKRT yang benar.

Meningkatkan pemahaman kepada tenaga kesehatan dan masyarakat/user mengenai alat kesehatan dan perbekalan kesehatan rumah tangga dan upaya peningkatan penggunaan alat kesehatan  dalam negeri.  Perrtemuan dilaksanakan pada tanggal 25 Juni 2018 di Hotel Grand Inna Malioboro     Jl. Malioboro No.60 Yogyakarta. Jumlah peserta : 160 orang terdiri atas Dinkes Provinsi/Kabupaten/Kota (Instalasi   Farmasi, Seksi Kesehatan Dasar, Seksim Kesehatan   Rujukan, Seksi Bintesa, Seksi Farmakmin dan Alkes),   Rumah Sakit, anggota Gakeslab DIY,    Organisasi Profesi. narasumber terdiri dari Dit. Penilaian Alat Kesehatan dan PKRT, Gakeslab Dinas Kesehatan Provins.i

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 522
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.196.232