Detail Berita


  • 14 Juni 2024
  • 205
  • Berita

DUKUNG PENANGGULANGAN BALITA BERMASALAH GIZI, DINKES DIY SOSIALISASIKAN RENCANA PEMBERIAN PMT BALITA DI GUNUNGKIDUL

DUKUNG PENANGGULANGAN BALITA BERMASALAH GIZI, DINKES DIY SOSIALISASIKAN RENCANA PEMBERIAN PMT BALITA DI GUNUNGKIDUL

 

Dalam rangka mendukung percepatan penanggulangan stunting di Kabupaten Gunungkidul, Dinas Kesehatan DIY mensosialisasikan rencana pemberian makanan tambahan (PMT) bersumber pangan lokal bagi balita bermasalah gizi di Kabupaten Gunungkidul. Sosialisasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2024 di Aula Germas Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul dengan mengundang SKPD Pemerintah Daerah Kabupaten Gunungkidul, Kapanewon, Puskesmas, serta mitra yang berperan dalam pemberian PMT balita.

Intervensi pemberian PMT dilakukan dengan menyasar balita-balita dengan berat badan tidak naik pada penimbangan bulanan di posyandu di 12 kapanewon yaitu Panggang, Purwosari, Paliyan, Tepus, Rongkop, Semanu, Ponjong, Wonosari, Patuk, Gedangsari, Nglipar, dan Semin. Pemberian PMT akan dilaksanakan dengan sasaran 755 balita yang akan dilakukan selama 2 tahap pada periode bulan Juli - September 2024.

Tujuan dari pemberian PMT pada balita yang tidak naik berat badannya adalah perbaikan gizi dan sebagai salah satu upaya pencegahan agar balita tidak mengalami masalah gizi yang lebih berat atau bahkan mengalami stunting. Sesuai dengan standar tatalaksana balita bermasalah gizi bahwa balita yang tidak naik berat badannya pada satu kali penimbangan di posyandu maka wajib di rujuk ke puskesmas untuk mendapatkan pengkajian, pemeriksaan, dan intervensi yang tepat. Salah satu intervensi adalah dengan pemberian PMT selama 14 hari berturut-turut berupa makanan kudapan padat gizi kaya protein hewani dengan setidaknya diberikan 1 kali makanan lengkap gizi seimbang setiap minggu. Balita yang diberikan PMT akan didampingi oleh kader untuk dilakukan pemantauan konsumsi dan pemantauan pertumbuhan. Selanjutnya Puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten, dan Dinas Kesehatan DIY akan melakukan pendampingan dan evaluasi terhadap pelaksanaan program tersebut. Melalui pemberian PMT ini diharapkan dapat menjadi dukungan bagi Kabupaten Gunungkidul sehingga cakupan intervensi perbaikan gizi dapat lebih luas.

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 6.341
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 25.709.718