Detail Berita


  • 29 September 2018
  • 2.497
  • Berita

Bagaimana Kesiapan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Pada Destinasi Wisata?

Pertumbuhan destinasi wisata baru di daerah-daerah di Indonesia semakin tumbuh subur dan berkembang, hal ini didukung juga oleh perkembangan IT dengan pemanfaatan media sosial untuk sarana penyebarluasan informasi. Seiring dengan tumbuhnya destinasi tempat wisata ini, perlu didukung fasilitas pelayanan kesehatan yang memadai sehingga kebutuhan wisatawan akan pelayanan kesehatan pada daerah wisata khususnya daerah dengan 10 destinasi wisata akan dapat terpenuhi.

 

Kebutuhan akan pelayanan kesehatan ini tentunya berbeda antar daerah, karena setiap destinasi wisata mempunyai keunggulan lokal yang berbeda dan bervariasi. Begitu juga potensi bahaya yang harus disiapkan terkait dengan pelayanan kesehatan juga berbeda. Oleh karena itu perlu disiapkan SOP tentang kesiapan fasilitas, tenaga dan sarana pendukung  pelayanan kesehatan pada destinasi wisata.  Sektor pariwisata tentu saja memerlukan kerjasama antar daerah dan lintas sektor untuk upaya mewujudkan kesiapan fasilitas kesehatan dalam mendukung kebutuhan pariwisata.

 

Kerjasama Forum Komunikasi Daerah Mitra Praja Utama (FKD-MPU) yang terdiri dari 10 provinsi mencoba melakukan pertemuan dengan berdiskusi serta mendengarkan paparan dari nara sumber dari Direktorat Pelayanan Kesehatan Tradisional, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Jawa Tengah dan dari akademisi UGM Prof. Laksono Trisnantoro. Acara berlangsung di Hotel Lorin Solo pada tanggal 26-28 September 2018. Kesepakatan ini akan menghasilkan rekomendasi bersama diantara 10 provinsi yang selanjutnya dapat diimplementasikan pada masing-masing daerah. 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 25.868
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.251.389