Detail Berita


  • 25 Januari 2024
  • 1.890
  • Berita

Contoh Menu MP-ASI Kaya Protein Hewani - Cegah Stunting

Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) memegang peran penting dalam memberikan nutrisi tambahan yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Kegagalan pada saat proses tumbuh kembang seorang anak akan mengakibatkan kondisi stunting. 

 

Apa itu Stunting?

Stunting merupakan suatu kondisi dengan status gizi yang berdasarkan grafik pertumbuhan PB/U atau TB/U memiliki nilai z-skor < -2 SD. Dengan kata lain, anak stunting memiliki panjang badan atau tinggi badan yang tidak sesuai dengan usianya (pendek). 

 

Pentingnya MP-ASI Kaya Protein Hewani

MP-ASI merupakan makanan yang diolah dari bahan lokal yang tersedia di rumah yang tepat digunakan sebagai makanan untuk bayi mulai berusia 6 bulan. MP-ASI sangat penting diberikan untuk menjaga pertumbuhan anak sekaligus memperkenalkan bayi dengan makanan keluarga. Perlu diperhatikan bahwa pada pemberian MP-ASI, bayi tetap terus diberikan ASI. Selain itu, salah satu aspek yang tidak boleh diabaikan adalah kebutuhan protein hewani karena mengandung asam amino esensial lebih lengkap bagi tubuh daripada sumber protein nabati. Sumber protein hewani dapat diperoleh dari daging sapi, daging ayam, hati sapi, berbagai jenis ikan, telur, dan susu.

Bagaimana Prinsip dari MP-ASI?

  • Tepat waktu, dimulai saat usia 6 bulan

  • Cukup kandungan gizi

  • Memperhatikan kebersihan

  • Diberikan terjadwal dan menyenangkan 

 

Menu MP-ASI untuk Si Kecil

Usia 6-8 bulan

Pada usia ini, tekstur dimulai dengan bubur kental dan makanan lumat. Menu MP-ASI yang dapat dibuat adalah bubur sup daging kacang merah. 

Cara membuat: Didihkan air kaldu ayam, masukkan kacang merah dan masak sampai empuk. Tumis bawang merah dan putih sampai harum, masukkan daging ayam cincang, masak sampai berubah warna. Masukan tumisan daging ayam ke dalam air kaldu masak sampai daging empuk. Masukkan nasi, buncis, dan wortel. Tambahkan kocokan telur, aduk merata dan masak sampai matang. Haluskan bubur sampai tekstur yang diinginkan, lalu sajikan.

Usia 9-11 bulan

Pada usia ini, tekstur makanan dicincang halus dan makanan yang dapat dipegang bayi. Menu MP-ASI yang dapat dibuat adalah nasi tim ikan tuna telur puyuh. 

Cara membuat: Masukkan nasi, ikan tuna, telur puyuh, minyak kelapa ke dalam mangkok tim. Tambahkan air kaldu. Masukkan wortel dan tomat, tim hingga matang. Angkat dan sajikan.  

 

Usia 12-23 bulan

Pada usia ini, anak sudah dapat diberikan makanan keluarga. Menu MP-ASI yang dapat dibuat adalah nasi sup telur puyuh bola tahu ayam. 

Cara membuat: Rebus air sampai mendidih. Sambil menunggu air campurkan tahu, daging ayam cincang, bumbu halus, garam, gula, dan merica, selanjutnya haluskan serta tambahkan tapioka kemudian uleni hingga tercampur rata dan bisa di bentuk. Ambil adonan sebanyak satu sendok teh kemudian bentuk bulat dan langsung dimasukkan pada air mendidih. Lakukan sampai adonan habis. Setelah semua bola-bola tahu ayam mengapung masukan wortel dan jagung terlebih dulu tunggu sejenak kemudian brokoli dan telur puyuh rebus. Masukan garam, gula, dan merica serta irisan bawang daun dan seledri. Setelah sayuran matang koreksi rasa. Sajikan dengan nasi dan taburan bawang goreng.

 

Selain menu diatas, moms juga dapat melihat menu lain pada buku berikut, https://ayosehat.kemkes.go.id/download/dp/d8a32723535961f3f2a6e44f0f8ba915.pdf 


 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 18.916
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.022.677