Detail Berita


  • 31 Mei 2023
  • 938
  • Berita

Buku Data Kesehatan DIY 2022

Pembangunan kesehatan merupakan tanggung jawab pemerintah pusat maupun daerah dengan tujuan utama meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Strategi nasional dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan adalah kesehatan ibu dan anak, perbaikan gizi masyarakat, pencegahan dan pengendalian penyakit, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan penguatan sistem kesehatan melalui transformasi kesehatan.
Dalam rangka mewujudkan strategi nasional tersebut, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan upaya bersama secara menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan dengan pemerintah kabupaten/ kota, pihak swasta, dan masyarakat. Selain itu, berbagai macam pendekatan juga telah dilakukan, antara lain pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif), serta pemulihan kesehatan (rehabilitatif).
Masyarakat semakin peduli dengan situasi kesehatan dan hasil pembangunan kesehatan, terutama terhadap informasi kesehatan yang berhubungan langsung dengan kesehatannya. Kepedulian masyarakat akan informasi kesehatan ini memberikan nilai positif bagi pembangunan kesehatan. Dengan demikian pengelola  program kesehatan harus tanggap dengan menyediakan  dan  memberikan  informasi  yang  dibutuhkan  masyarakat,  dan  dikemas dengan baik,  sederhana,  informatif,  dan  tepat  waktu. Hal ini juga sejalan dengan Undang-undang No.  14   Tahun   2014   tentang  Keterbukaan   Informasi   Publik, yang mengamanatkan badan  publik  dapat  menyediakan  informasi sesuai kategori yang ditetapkan.
Dinas Kesehatan DIY adalah institusi yang ditunjuk untuk menyelenggarakan urusan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta di bidang kesehatan. Dinas Kesehatan DIY memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai penggerak pembangunan di bidang kesehatan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat DIY.
Dalam menyelenggarakan tugas dan fungsinya, agar proses pembangunan kesehatan berjalan sesuai dengan arah dan tujuan maka diperlukan manajemen yang baik. Pencatatan dan pelaporan kegiatan pelayanan  kesehatan sebagai bagian dari manajemen kesehatan perlu dikelola secara profesional dalam suatu Sistem Informasi Kesehatan (SIK). SIK yang evidence based diupayakan gara tersedia  data dan informasi yang akurat, lengkap, dan tepat waktu. Untuk itu, peran data dan informasi kesehatan menjadi sangat penting dan semakin dibutuhkan dalam manajemen kesehatan oleh berbagai pihak sebagai dasar pengambilan keputusan dan kebijakan di semua tingkat administrasi pelayanan kesehatan.
Buku Data Kesehatan merupakan salah satu produk dari Sistem Informasi Kesehatan yang penyusunan dan penyajiannya dibuat sesederhana mungkin tetapi informatif,  dipakai sebagai alat tolok ukur kemajuan pembangunan kesehatan sekaligus juga sebagai bahan evaluasi program-program kesehatan. Buku Data Kesehatan DIY adalah gambaran situasi kesehatan yang memuat berbagai data tentang situasi dan hasil pembangunan kesehatan selama satu tahun yang memuat data derajat kesehatan, sumber daya kesehatan, dan capaian indikator hasil pembangunan kesehatan dan diterbitkan setiap tahun sekali.
Maksud diterbitkannya buku ini adalah untuk menampilkan berbagai data tentang kesehatan dan data pendukung  lain   dan  ditampilkan  dalam  bentuk  tabel  dan  grafik. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai adalah tersampaikannya informasi kesehatan yang merupakan pencapaian Pembangunan Kesehatan Tahun 2022 sekaligus sebagai bahan penyusunan kebijakan pembangunan ke depan

Buku Data Kesehatan DIY Tahun 2022 dapat diunduh  di sini

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 2.279
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 22.622.214