Detail Berita


  • 20 September 2024
  • 45
  • Berita

BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN PROFIL SDMK

Penyusunan profil Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) merupakan langkah krusial dalam mendukung pembangunan sektor kesehatan. Tujuannya adalah untuk memastikan tersedianya tenaga kesehatan yang kompeten, tersebar merata, dan dimanfaatkan secara optimal. Dalam rangka mencapai hal ini, Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Profil SDMK pada hari Rabu, 18 September 2024.

 

Kegiatan yang berlangsung di Aula C Dinas Kesehatan DIY ini melibatkan 40 peserta yang terdiri dari perwakilan Dinas Kesehatan Kab/Kota se-DIY, RSUD se-DIY, RS Jiwa Grhasia, RS Paru Respira, BLKK, Bapelkes, Bapel Jamkesos.

 

Bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM), acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait penyusunan profil SDMK yang lebih akurat dan relevan. Bapak Rio Aditya Pratama, S.Gz dan Ibu Sensa Gudya Sauma Syahra, S.Kom., M.Cs., sebagai narasumber dari FK-KMK UGM, memaparkan materi penting seputar pengolahan dan visualisasi data, serta panduan penggunaan Superset sebagai tools yang dapat membantu proses pembuatan profil SDMK dengan lebih mudah dan menarik.

 

Salah satu highlight dari kegiatan ini adalah sessi praktik langsung menggunakan Superset. Para peserta diajak untuk memanfaatkan fitur-fitur Superset dalam menyusun dan memvisualisasikan data SDMK. Tidak hanya itu, sesi ini juga membuka ruang diskusi interaktif, di mana para peserta berbagi pengalaman, tantangan, serta kendala yang mereka hadapi dalam proses pengolahan data SDMK.

 

Dengan adanya pelaksanaan bimtek ini, diharapkan penyusunan profil SDMK kedepannya dapat menjadi lebih akurat, komprehensif, dan informatif. Data SDMK yang dihasilkan diharapkan akan lebih valid dan terkini, sehingga dapat menjadi dasar dalam pengambilan keputusan strategis di bidang kesehatan, khususnya di wilayah DIY.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 6.037
  • Bulan Ini

  • 3.094.979
  • Total Kunjungan

  • 26.936.892