Detail Berita


  • 10 Maret 2016
  • 2.306
  • Berita

Penguatan Pelayanan Kesehatan, Fokus DIY dalam Percepatan Pembangunan Kesehatan

Dalam rangka pencapaian target dan tujuan pembangunan kesehatan di Indonesia, dilakukan koordinasi dan sinergisme antara pusat dan daerah agar berbagai kebijakan dan informasi penting terkait dengan pelaksanaan pembangunan melahirkan komitmen dari stakeholder Pusat dan Daerah. Rapat Kerja Kesehatan Nasional merupakan suatu kegiatan yang menjembatani arah kebijakan dan proses pembangunan kesehatan antara pusat dan daerah.

Menghadapi Rakerkesnas 2016, Dinas Kesehatan DIY menyelenggarakan pertemuan Pra Rakerkesnas (7- 8 Maret 2016 di Yogyakarta) yang membahas berbagai isu terkait penguatan pelayanan kesehatan dalam meningkatkan derajat kesehatan. Topik yang dibahas pada pertemuan tersebut adalah sebagai berikut :

Upaya pemenuhan dan pendayagunaan SDM kesehatan dalam mendukung primary health care dan pelayanan kesehatan rujukan (Rumah sakit), penguatan puskesmas dalam upaya promotif dan preventiv serta peningkatan mutu fasyankes, penguatan integrasi lintas sektor untuk mendukung Gerakan Masyarakat Sehat, pengendalian dan peningkatan kewaspadaan penyakit serta penanggulangan risiko KLB.

Diskusi tersebut  juga membahas kesiapan bidang kesehatan dalam penertiban tenaga kesehatan WNA dalam pelayanan kesehatan, upaya yang dilakukan dalam pencapaian target akreditasi puskesmas, yaitu 1 kecamatan memiliki minimal 1 puskesmas terakreditasi, dan 1 kabupatan/kota memiliki minimal 1 RS terakreditasi.

Hal tersebut sejalan dengan agenda Rakerkesnas yang akan membahas tema : upaya pemenuhan SDM kesehatan melalui program DLP, penertiban tenaga kesehatan WNA, peningkatan peran lintas sektor dalam mendukung Gerakan Masyarakat Sehat, Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga, dan peningkatan kinerja ASN dalam pembangunan kesehatan.

Hadir dalam pertemuan tersebut Plt.Dinas Kesehatan Drs.Sulistiyo, SH,CN,M.Si. dan perwakilan dari Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alkes Kementrian Kesehatan RI.

(***ar2016)

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 26.556
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.076.782