Detail Berita


  • 12 Desember 2019
  • 2.003
  • Berita

Validasi Data Capaian Promosi Kesehatan 2019

Promosi kesehatan adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat melalui pembelajaran dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, agar mereka dapat menolong dirinya sendiri, serta mampu berperan serta secara aktif dalam pengembangan upaya kesehatan bersumber daya masyarakat, sesuai sosial budaya setempat dan di dukung oleh kebijakan publik yang berwawasan kesehatan. Tujuan utama promosi kesehatan meliputi 2 hal yakni peningkatan perilaku sehat dan peningkatan kemandirian masyarakat untuk hidup sehat. Berbagai upaya sebagai proses menuju pada tujuan tersebut telah banyak dilakukan. Namun demikian keberhasilan promosi kesehatan belum tentu terwujud dalam waktu yang cepat.

Untuk mewujudkan derajat kesehatan yang baik, dilakukan pembagian peran masing-masing tingkat pemerintahan, mulai dari pusat sampai ke daerah. Menilik pada peran pemerintah dalam upaya mewujudkan kesehatan, peran pemerintah setingkat provinsi adalah  Koordinasi Lintas Sektor terkait Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, Melakukan Penguatan Implementasi Germas, Koordinasi LS/LP terkait Pemanfaatan Dana Desa untuk Kesehatan, Model Intervensi Promosi Kesehatan, Menyebarluasan Informasi kesehatan  melalui berbagai media, Melakukan advokasi untuk mendorong kebijakan PHBS di Kabupaten/Kota, Melakukan Kemitraan/Jejaring Kerja dengan Sektoral, Penguatan Pemberdayaan Masyarakat.  Indikator  kegiatan promosi kesehatan & pemberdayaan masyarakat tahun 2019  adalah persentase kab/kota yang memiliki kebijakan PHBS, jumlah dunia usaha yang memanfaatkan CSR-nya untuk program kesehatan, jumlah organisasi kemasyarakatan yang memanfaatkan sumberdayanya untuk mendukung kesehatan, persentase desa yang memanfaatkan dana desa untuk UKBM.

Untuk mengetahui progres pencapaian indikator kesehatan di DIY menjelang penghujung tahun 2019, Dinas Kesehatan DIY melaksanakan kegiatan Pertemuan  Validasi Promosi Kesehatan. Kegiatan dilaksanakan sebagai persiapan penyusunan data laporan akhir tahun untuk tahun 2019. Kegiatan dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kab/Kota se-DIY yang menyampaikan capaiannya selama 2019.  Kegiatan dilaksanakan hari Kamis, 11 Desember 2019 di Aula Bappeda DIY, Jln. Malioboro Yogyakarta.

Dari hasil penyampaian oleh Dinas Kab/Kota, diketahui bahwa target indikator promosi kesehatan telah tercapai oleh semua kab/kota. Berbagai kebijakan publik berwawasan kesehatan telah diterbitkan, mulai dari KTR, Posyandu, jamban sehat, dsb. Untuk indikator desa yang memanfaatkan dana untuk UKBM, capaiannya juga sudah memenuhi target. Banyak dunia usaha yang mendukung pembangunan kesehatan. Kampanye Germas  juga telah dilaksanakan oleh semua kab/kota. Banyak kegiatan-kegiatan inovasi promosi kesehatan yang dilaksanakan kab/kota, seperti Duta Kesehatan, Sepekan Promkes, dll.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 1.885
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.116.008