Detail Berita


  • 29 Juni 2021
  • 340
  • Berita

PENGECEKAN VALIDITAS KEASLIAN STR DAN SOLUSI MENGATASI HAMBATAN MELALUI CHATBOOT ASTRI (ASISTEN STR INDONESIA)

Saat ini user tidak perlu lagi mensyaratkan STR yang dilegalisir dalam penerimaan tenaga kesehatan. Untuk memastikan keaslian data dokumen e-STR, dapat dilakukan melalui scan QR Code yang tertera dalam dokumen e-STR. Scan QR Code dapat dilakukan dengan Download QR & Barcode Scanner didalam aplikasi android atau menggunakan aplikasi Bixby Vision atau LINE, kemudian arahkan kamera ke QR Code yang terdapat pada STR, kemudian klik link yang muncul dengan alamat ktki.kemkes.go.id.

Hasil Pengecekan Keaslian Data Str Melalui Scan Qr Code terdapat 3 kategori :

  1. Hasil scan QR Code jika data STR valid dan aktif, akan muncul tanda ceklis hijau
  2. Hasil scan QR Code jika data STR tidak aktif/expired, akan muncul tanda seru orange
  3. Hasil scan QR Code jika data STR tidak ditemukan, akan muncul tanda silang merah

Asisten Digital ASTRI :

Tingginya jumlah pemohon yang menanyakan informasi terkait pengajuan STR, rata-rata email masuk sebanyak 47.188/bulan atau  1573/hari dan seringkali mengajukan pertanyaan berulang.  Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, mendorong Sekretariat KTKI untuk mengembangkan chatbot  dalam layanan informasi registrasi STR tenaga kesehatan. Chatbot ASTRI sebagai asisten digital yang dapat memberikan jawaban dengan cepat dan tepat seputar Registrasi tenaga kesehatan.

Chatbot ASTRI bertujuan untuk menyediakan metode pelayanan berupa chat dengan auto reply bagi Tenaga Kesehatan dalam menunjang registrasi Surat Tanda Registrasi Elektronik (e-STR); menyediakan media informasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam melakukan registrasi e-STR; dan menyediakan media komunikasi dan konsultasi  interaktif terhadap permasalahan yang ditemukan terkait registrasi e-STR.

 

Adapun cara mengakses Chatbot ASTRI sebagi berikut :

  • Saat ini Asisten STR Indonesia (ASTRI) dapat diakses dengan aplikasi Telegram. Pastikan Saudara sudah mengunduh aplikasi Telegram  di handphone berbasis Android maupun iOS https://telegram.org/dl/android/apk.
  • Klik link berikut https://t.me/ASTRI_STR_bot  atau scan QR Code disamping  atau masuk ke aplikasi telegram -> klik pencarian -> ketik ASTRI_str_bot
  • Mulai mengirim pesan dengan mengetik Start

Keunggulan Chatbot ASTRI dapat diakses kapan saja selama 24 jam, respon menjawab lebih cepat/real time dan interaksi pemohon lebih mudah. Dengan demikian Tenaga Kesehatan yang mengalami kendala dalam pengajuan e-STR dapat mencari solusi informasi yang relevan melalui Chatbot ASTR. Dari setiap menu pada  Chatbot ASTRI terdapat sub menu yang relevan dengan masalah yang dihadapi. Selain itu Nakes juga dapat memberikan masukan dengan mengetik ‘survey’ dari aplikasi pesan chatbot.

Sumber : Sosialisasi Sosialisasi Pengecekan Validitas Keaslian STR Dan Solusi Mengatasi Hambatan Melalui Chatboot ASTRI (Asisten STR Indonesia)  oleh Sekretariat Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia

Byd - Bidang SDK

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 10.298
  • Bulan Ini

  • 617.886
  • Total Kunjungan

  • 4.177.908