Detail Berita


  • 11 April 2019
  • 6.639
  • Berita

Dari Sampah Bisa Menjadi Barang Bernilai Ekonomi

Sukunan merupakan desa wisata dengan kesadaran dan kemampuan mengatasi persoalan global terkait pengelolaan lingkungan dan pengolahan sampah. Tak hanya sampah organik, bahkan sampah unorganik pun mampu diolah menjadi barang-barang dengan nilai kebermanfaatan yang tinggi dan bernilai ekonomi. Kemampuan ini telah menginspirasi banyak pengelola sampah, baik di Indonesia maupun dari manca negara.

Ada begitu banyak hal yang dapat dipelajari di Desa Wisata Sukunan, mulai dari membuat rancang bangun sistem pengolahan sampah, daur ulang kertas dan plastik, membuat biopori secara praktis, membuat kompos, pupuk cair dan inokulan, hidroponik, bertani, beternak, memanfaatkan sterofoam menjadi batako, pot, dan sebagainya hingga membuat aneka kerajinan daur ulang. Sementara di bidang kesenian pengunjung bisa belajar karawitan.

Sebagai sebuah kampung wisata lingkungan (ecotourism), Kampung Sukunan menawarkan berbagai paket wisata berupa pelatihan berbasis lingkungan yang sarat dengan nuansa edukasi dan rekreasi. Misalnya, sistem pengolahan sampah mandiri, pelatihan pembuatan kerajinan dari plastik, pelatihan pembuatan kerajinan dari kain perca, pelatihan pembuatan kompos rumah tangga, hingga atraksi khas pedesaan seperti angon bebek, membajak sawah, menanam benih, hingga memanen padi. Wisata edukasi berbasis lingkungan ini cocok diberikan mulai dari murid TK hingga mahasiswa perguruan tinggi maupun masyarakat umum untuk menumbuhkan rasa peduli untuk menjaga lingkungan.

Dalam kegiatan Rapat Kerja Kesehatan Daerah DIY Tahun 2019 yang berlangsung di Hotel Tentrem Yogyakarta, Kampung Wisata Sukunan juga berpartisiasi dengan membuka stand dan menampilkan berbagai hasil olahan sampah mulai dari tas, pernak – pernik hiasan rumah, pupuk organik hasil pengolahan sampah dan lainnya.  Stand ini banyak mengundang perhatian peserta Rakerkesda dengan bertanya langsung dan berdiskusi serta sebagian membeli hasil olahan sampah tersebut sebagai souvenir. 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 19.723
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.133.846