Detail Berita


  • 26 Maret 2020
  • 866
  • Berita

RAKORNAS Farmalkes Pekanbaru Tahun 2020

Dalam rangka optimalisasi dan akselerasi hasil kerja dalam pelaksanaan program pembangunan kesehatan bidang kefarmasian dan alat kesehatan, maka diselenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Tahun 2020 yang melibatkan peserta pusat dan daerah. Rakornas tahun ini mengusung tema “Penguatan Program Kefarmasian dan Alat Kesehatan guna mendukung Upaya Promotif Preventif Kesehatan untuk Mewujudkan SDM Unggul” yang digelar tanggal tanggal 10 s.d. 13 Maret 2020 untuk Regional Barat di Hotel Pangeran-Pekanbaru.

Rakornas Wilayah Barat dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Kepala Dinas Kesehatan DIY dan diikuti oleh sebanyak 441 peserta yang berasal dari Kementerian Kesehatan serta perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota dari 16 Provinsi yaitu Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Banten, dan Kalimantan Barat.

Rakornas ini merupakan forum tingkat nasional bidang kefarmasian dan alat kesehatan dalam merumuskan rencana aksi program/kegiatan yang akan dilakukan tahun 2020-2024 untuk meningkatkan kinerja dan capaian indikator-indikator prioritas kefarmasian dan alat kesehatan. Secara khusus pelaksanaan Rakornas ini bertujuan untuk: 1. Merumuskan Rencana Aksi Program /Kegiatan Tahun 2020 yang fokus pada peningkatan kinerja dan pencapaian indikator-indikator prioritas program kefarmasian dan alat kesehatan untuk mendukung upaya promotif dan preventif kesehatan dalam rangka mewujudkan SDM unggul; 2. Menyusun dan menginformasikan kebijakan dan rencana implementasi program kefarmasian dan alat kesehatan periode 2020-2024; 3. Mendiseminasikan strategi pelaksanaan kegiatan tahun 2020.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan,drg.Oscar Primadi,MPH dilaksanakan dengan metode diskusi mendalam, paparan, dialog interaktif dan perumusan hasil pelaksanaan Rakornas, yang diharapkan menghasilkan keluaran: 1. Terinformasinya kebijakan pembangunan kesehatan terkini anatara lain terkait Situasi Kesehatan di Indonesia tahun 2015-2019, Pembangunan Kesehatan tahun 2020-2024, Dukungan Lintas Sektor dalam Mendukung Program Prioritas Kementerian Kesehatan, Tata kelola sistem kesehatan(SKN), dan Isu-isu kesehatan terkini, khususnya terkait Program Kefarmasian dan Alat Kesehatan untuk mendukung upaya promotif dan preventif kesehatan dalam rangka mewujudkan SDM unggul; 2. Adanya masukkan dari daerah terkait isu-isu strategis dalam sesi paralel praktik baik dan pembelajaran (Best Practice and Lesson Leamed); 3. Tersusunnya rekomendasi dan rencana tindak lanjut dalam rangka peningkatan Program Kefarmasian dan Alat Kesehatan.

Pada kegiatan Rakornas Farmalkes 2020 juga digelar ajang pameran produk alat kesehatan dalam negeri, stand Bugar dengan Jamu(BuDeJaMu), stand industri kreatif yang ada di wilayah tempat pelaksanaan kegiatan serta area konsultasi untuk informasi seputar program dan kebijakan bidang kefarmasian dan alat kesehatan.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 11.527
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.079.038