Detail Berita


  • 30 Maret 2019
  • 3.521
  • Berita

Petugas Promkes Harus Tau Program Prioritas Kesehatan

Promosi Kesehatan atau Promkes, secara harfiah didefinisikan sebagai ilmu dan seni membantu masyarakat menjadikan gaya hidup mereka sehat optimal. Kesehatan yang optimal didefinisikan sebagai keseimbangan kesehatan fisik, emosi, sosial, spiritual, dan intelektual. Ini bukan sekadar pengubahan gaya hidup saja, namun berkairan dengan pengubahan lingkungan yang diharapkan dapat lebih mendukung dalam membuat keputusan yang sehat. Pengubahan gaya hidup dapat difasilitasi melalui penggabungan menciptakan lingkungan yang mendukung, mengubah perilaku, dan meningkatkan kesadaran. Dalam Konferensi Internasional Promosi Kesehatan I yang diadakan di Ottawa, Kanada, menghasilkan sebuah kesepakatan yang dikenal sebagai Piagam Ottawa. Dalam piagam ini tertera strategi dalam meningkatkan kontrol masyarakat terhadap kesehatan diri mereka sendiri.

Promosi kesehatan atau health promotion merupakan sebuah upaya penting yang harus dilakukan tenaga kesehatan dengan kolabaorasi bersama masyarakat untuk menciptakan masyarakat yang sehat baik secara fisik maupun mental khususnya dalam mencapai target Indonesia Sehat. Promosi kesehatan merupakan sebuah proses untuk membuat masyarakat lebih mampu mengontrol, menjaga, dan memperbaiki kesehatan. Biasanya proses ini dilakukan oleh para tenaga kesehatan dengan melakukan Home Care atau kunjungan ke rumah-rumah masyarakat maupun memberikan pendidikan kesehatan melalui penyuluhan di komunitas maupun desa. Promosi kesehatan ini bukan hanya disampaikan melalui teori saja tetapi juga melalui demonstrasi tentang pentingnya menjaga kesehatan atau langkah-langkah untuk menangani penyakit.

Mengingat peran yang cukup berat untuk diemban petugas promosi kesehatan, serta tugas promosi kesehatan yang juga berperan sebagai garda terdepan upaya pembangunan kesehatan oleh pemerintah, maka sudah sepatutnya petugas Promkes untuk memahami juga tentang apa saja yang diprogramkan oleh pemerintah dalam hal pembangunan  kesehatan. Untuk itu, Dinas Kesehatan DIY sebagai leader pembangunan kesehatan di tingkat Provinsi, mengadakan kegiatan Sosialisasi Program Prioritas Kesehatan Kepada Petugas Promkes. Kegiatan yang dimotori oleh Seksi Promosi Kesehatan dan Penyehatan Lingkungan ini dilaksanakan di Hotel De Laxston Yogyakarta pada hari Selasa, 26 Maret 2019.

Kegiatan diikuti oleh petugas promkes dari seluruh Puskesmas serta Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-DIY. DImulai pada pukul 09.WIB, kegiatan ini diisi materi oleh 4 Narasumber, dengan materi yang diberikan adalah tentang “Situasi Kesehatan dan Program Kesehatan DIY”, “Program Pembangunan Kesehatan oleh Kementerian Kesehatan RI”, “Posisi, Fungsi, dan Peran Petugas Promkes dalam Pembangunan Kesehatan”, serta sebagai penutup adalah materi motivasi untuk membangkitkan semangat petugas Promkes untuk membangun kesehatan di DIY dan Indonesia.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 2.755
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.116.878