Detail Berita


  • 02 Desember 2019
  • 1.424
  • Berita

PERTEMUAN MONEV PROGRAM PIS PK TAHUN 2019 Oleh Seksi Kesehatan Dasar, Rujukan dan Kesehatan Khusus Bidang Pelayanan Kesehatan

Telah dilakukan Pertemuan Monitor dan evaluasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK) pada tanggal 27 – 29 November 2019 di Hotel Royal Darmo- Yogyakarta

Percepatan Pembangunan Kesehatan untuk mencapai Indonesia Sehat dilakukan dengan melakukan penguatan subsistem-subsistem dari SKN. Dengan diterapkannya pendekatan keluarga, maka penguatan subsistem upaya kesehatan, subsistem pembiayaan kesehatan, dan subsistem pemberdayaan masyarakat menjadi penting untuk dilakukan. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut dilaksanakan upaya antara lain : 1) Pengembangan peningkatan swadaya masyarakat dalam pembangunan kesehatan dengan pendekatan edukatif dan 2) Pembinaan peran serta masyarakat termasuk swasta dalam upaya kesehatan. Indikator pendekatan keluarga dalam PIS PK adalah :Keluarga mengikuti program Keluarga Berencana (KB); Ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan; Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap; Bayi mendapat Air Susu Ibu (ASI) eksklusif; Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan; Penderita tuberkulosis paru mendapatkan pengobatan sesuai standar; Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur; Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan; Anggota keluarga tidak ada yang merokok; Keluarga sudah menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN); Keluarga mempunyai akses sarana air bersih; dan Keluarga mempunyai akses atau menggunakan jamban sehat.

Tujuan :Kegiatan ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk evaluasi pelaksanaan PIS PK tahun 2019 di DIY dan rencana tindak lanjut berupa strategi peningkatan IKS pada Tahun 2020.

 

Keluaran:Keluaran yang akan dicapai dari kegiatan ini adalah didapatkannya laporan evaluasi pelaksanaan PIS PK selama tahun 2019 dan rencana tindak lanjut berupa strategi peningkatan IKS Tahun 2020.

Narasumber: Kepala Dinkes DIY, Subdit Pusk. Ditjen Yankes- Kemenkes RI,Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota,Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat,Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes , Penyakit,Sekretaris Dinkes DIY, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Kepala Seksi Kesehatan Dasar Rujukan dan Kesehatan Khusus .

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 20.275
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.160.650