Detail Berita


  • 07 Maret 2020
  • 1.898
  • Berita

Pertemuan Forum Komunikasi Germas

Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Saat ini, Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, diabetes dan lain-lain.

Dampak meningkatnya kejadian PTM adalah meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah; menurunnya produktivitas masyarakat; menurunnya daya saing negara yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat itu sendiri.

HL Bloem (1908) telah mengidentifikasi bahwa derajat kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh 4 faktor yakni: Perilaku, Lingkungan, Pelayanan kesehatan dan Keturunan. Faktor Perilaku dan Faktor Lingkungan memegang peran lebih dari 75% dari kondisi derajat kesehatan masyarakat. Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa; untuk itu GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Pembangunan keluarga adalah upaya mewujudkan keluarga berkualitas yang hidup dalam lingkungan yang sehat. Pemerintah pusat dan daerah menetapkan kebijakan pembangunan keluarga melalui program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga. Pelaksanaan program indonesia sehat dengan fokus pendekatan keluarga karena fungsi keluarga sebagai fungsi afektif, sosialisasi, reproduksi, ekonomi dan pemeliharaan kesehatan.

Program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga diharapkan puskesmas akan lebih aktif dan meningkatkan jangkauan  sasaran dalam mendekatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya, sehingga akan lebih optimal derajad kesehatan masyarakat.  Keluarga diharapkan terpantau dan dapat menerapkan, mempraktekkan dan membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga terwujud keluarga sehat, dusun sehat, desa sehat, kecamatan sehat dst.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka seksi Promosi Kesehatan dan Penyehatan Lingkungan, melaksanakan kegiatan Pertemuan Forum Germas, yang dilaksanakan selama 2 hari, yaitu tanggal 2 dan 3 Maret 2020. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Grand Dafam Rohan Jogja, Jalan Gedongkuning no 336, Modalan Banguntapan, Bantul. Adapun peserta kegiatan adalah dari Dinas Kesehatan DIY, Dinas Kesehatan Kab/Kota, dan beberapa Puskesmas.

Maksud dilaksanakan kegiatan adalah tersedianya petunjuk teknis pelaksanaan Germas. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan adalah adanya kesepakatan pelaksanaan Germas dan UKBM lainnya di DIY dan Mendapat Gambaran pelaksanaan germas di kabupaten/ kota. Sebagai tindak lanjut kegiatan adalah dilakukannya pencetakan buku pedoman serta pelaksanaan ujicoba pengaplikasian pedoman pelaksanaan Germas.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 6.840
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.099.658