Detail Berita


  • 29 September 2020
  • 934
  • Berita

Pasar Prambanan Sabet Gelar Best of The Best Siaga Covid-19

Senin (21/9) Dinas Kesehatan Provinsi DIY melaksanakan kegiatan penyerahan hadiah lomba pasar siaga covid-19. Bertempat dipasar prambanan yang dinobatkan sebagai best of the best dari perlombaan ini. Endang  Pamungkasiwi, SKM, M.Kes selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi DIY, mengungkapkan bahwa dalam upaya pengawasan yang dilakukan telah ditemukan beberapa kasus positif di pasar, dan hal ini ditangkap sebagai sebuah indikasi bahwa pasar bisa menjadi pusat transmsi penularan, karna terjadi banyak kerumunan dan jaga jarak sulit untuk dilakukan, sehingga perlu diupayakan protokol kesehatan dipasar tradisional atau pasar rakyat.

Indikator penilaian dalam perlombaan ini adalah pengelolaan pasar, implementasi protokol kesehatan, sarana dan prasarana, dan bagaimana masyarakat pasar diedukasi mengenai protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid 19, kemudian dinilai bagaimana manejemen pasar berkoordinasi dengan satgas tingkat desa dan fasilitas kesehatan setempat untuk mengetahui perkembangan terkini situasi covid-19, dan jika terjadi kasus terpaparnya seseorang di pasar, ada jaringan faskes terdekat untuk penanganannya.

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk memotivasi masyarakat terutama dipasar tradisional dimana pusat perekonomian berjalan, harapannya perekonomian tetap jalan tapi tidak menjadikan pasar sebagai tempat yang berpotensi menjadi pusat penularan Covid-19.  Program ini ditujukan khusus sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19, nantinya akan ada evaluasi terlebih dahulu seperti apa manfaatnya bagi masyarakat, jika dirasa memiliki manfaat besar dan mampu mendongkrak upaya masyarakat untuk menghadapi Covid-19 maka akan kita adakan kegiatan serupa dengan sasaran yang berbeda.

Salah satu pasar yang menjadi pemenang dalam perlombaan ini adalah Pasar Imogiri. Suharsono, selaku Lurah Pasar Imogiri memaparkan bahwa pihaknya sudah mempersiapkan antisipasi dengan menetapkan protokol kesehatan sejak bulan April. Pasar imogiri masuk kedalam kategori kelas A dengan lebih dari 1500 pedagang. Pada perlombaan ini juga Pasar Prambanan dinobatkan sebagai Best of The Best, Lurah Pasar Prambanan, Ahmad Andi Prayitno, menjelaskan bahwa Pasar Prambanan telah mengikuti peraturan untuk membentuk satgas covid dipasar-pasar, dalam pelakasanaannya ia  juga melibatkan komunitas yg ada, baik paguyuban pedagang, komunitas parkir, dan komunitas buruh gendong. Pihaknya juga telah menyiapkan sarana dan prasarana, seperti tempat cuci tangan disetiap titik pintu masuk, membedakan pintu masuk dan pintu keluar, melakukan penyemprotan rutin yang mayoritas dilakukan oleh komunitas pasar, juga menyediakan pos darurat untuk mengantisipasi jika ada yang diduga terpapar sebelum dilakukan penanganan lanjutan di fasilitas kesehatan terdekat.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 861
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.717.073