Detail Info Kegiatan


  • 29 Juni 2019
  • 1.837
  • Info Kegiatan

Promosi Kesehatan di Hari krida Pertanian

Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa  Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai invenstasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara social dan ekonomis. Permasalahan pembangunan kesehatan di Indonesia masih dihadapi dengan masih tingginya angka kematian ibu dan anak, semakin kompleksnya masalah gizi, masih tingginya angka kematian diakibatkan penyaki tmenular dan penyakit tidak menular serta permasalahan kesehatan jiwa yang semakin besar dan menimbulkan beban kesehatan yang cukup signifikan.

Promosi kesehatan adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat melalui pembelajaran dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, agar mereka dapat menolong dirinya sendiri, serta mampu berperan serta secara aktif dalam pengembangan upaya kesehatan bersumber daya masyarakat, sesuai sosial budaya setempat dan di dukung oleh kebijakan publik yang berwawasan kesehatan. Tujuan utama promosi kesehatan meliputi 2 hal yakni peningkatan perilaku sehat dan peningkatan kemandirian masyarakat untuk hidup sehat. Berbagai upaya sebagai proses menuju pada tujuan tersebut telah banyak dilakukan. Namun demikian keberhasilan promosi kesehatan belum tentu terwujud dapat dalam waktu yang cepat.

Edukasi yang dilaksanakan secara berkelanjutan adalah salah satu upaya yang perlu terus ditempuh. Edukasi dapat dilaksanakan melalui berbagai metode baik melalui tatap muka maupun melalui berbagai media. Upaya edukasi melalui tatap muka adalah dengan melakukan kampanye langsung kepada masyarakat.

Dalam upaya melakukan edukasi kepada masyarakat tentang perilaku hidup bersih sehat, dan dalam rangka memperingati hari krida pertanian tahun 2019, Dinas Kesehatan DIY turut ambil bagian dalam pameran yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian DIY dengan membuka stand sendiri. Stand dengan konsep mengajak masyarakat untuk melakukan Germas, menyajikan beberapa media yang menampilkan informasi kesehatan, menyajikan buah dan sayur, serta menyelengarakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para pengunjung. Untuk menarik minat pengunjung terhadap penyajian Dinas Kesehatan DIY dan Germas, disediakan game berupa menjawab pertanyaan tentang kesehatan dengan hadiah bagi pemenang adalah perangkat untuk berolahraga. Pameran dilaksanakan selama 3 hari, sejak 27 Mei 2019 hingga 30 Mei 2019.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 6.680
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.099.498