Detail Info Kegiatan


  • 29 Juni 2018
  • 1.349
  • Info Kegiatan

Pemilihan Nakes Teladan 2019, Rencanakan Secara Dini

Permasalahan kesehatan, mayoritas merupakan masalah lintas sector yang tidak bisa diselesaikan hanya mengandalkan 1 sektor saja. Pun begitu ketika melaksanakan upaya penyelesaian, diperlukan langkah-langkah komprehensif dan terintegrasi lintas program dan lintas sector. Oleh karena itu, diperlukan suatu koordinasi yang bagus untuk menciptakan koordinasi seperti ini, sedangkan koordinasi bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilaksanakan.

Salah satu kegiatan Dinas Kesehatan DIY yang merupakan upaya menyelesaikan permasalahan kesehatan tersebut adalah pemilihan tenaga kesehatan teladan. Meskipun bukan secara langsung menyelesaikan permasalahan kesehatan, namun tenaga kesehatan, yang dalam hal ini adalah tenaga kesehatan Puskesmas, merupakan garda terdepan dalam rangkaian upaya penyelesaian permasalahan kesehatan, disamping memberikan pelayanan kesehatan. Pemilihan tenaga kesehatan teladan, merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan Dinas Kesehatan DIY yang bertujuan untuk memilih tenaga-tenaga kesehatan yang berprestasi. Selain sebagai sebuah penghargaan, juga diharapkan dapat memacu kinerja, baik orang tersebut maupun rekan-rekannya di Puskesmas, dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan di wilayah kerjanya dan memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Pemilihan tenaga kesehatan, tidak bisa dilakukan sendiri oleh 1 seksi. Memang secara tusi berdasarkan Pergub DIY 57 Tahun 2015, merupakan ketugasan Seksi Bina Tenaga dan Sarana Kesehatan, tetapi bukan berarti kegiatan ini hanya dilaksanakan oleh seksi tersebut saja, melainkan harus melibatkan program dan seksi lain. Sebut saja seksi kesga harus dilibatkan untuk penilaian tenaga kebidanan, serta seksi farmasi, makanan, minuman, dan alat kesehatan untuk menilai tenaga kesehatan kefarmasian.

Untuk melaksanakan koordinasi tersebut, terutama terkait perencanaan tahun 2019, Subbag Program Dinas Kesehatan DIY pada hari Kamis, 28 Juni 2018 melaksanakan kegiatan rapat koordinasi perencanaan 2019 kegiatan pemilihan tenaga kesehatan teladan di DIY. Rapat ini bertujuan untuk mengkoordinasikan perencanaan kegiatan pemilihan tenaga kesehatan teladan tahun 2019, serta mengkoordinasikan teknis pelaksanaannya. Selain itu, dibahas juga mengenai mekanisme persiapan pelaksanaan pemilihan tenaga kesehatan telada tahun 2019.

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 19.911
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.160.286