Detail Artikel


  • 14 September 2020
  • 21
  • Artikel

Meskipun sariawan tidaklah berbahaya. Namun keberadaannya membuat kita merasa kurang nyaman terutama saat makan dan berbicara.

Meskipun sariawan tidaklah berbahaya. Namun keberadaannya membuat kita merasa kurang nyaman terutama saat makan dan berbicara. Cobalah obat sariawan yang ampuh alami untuk mengatasinya.

 

1. Air Garam

Garam memiliki sifat antiseptik, pembersih dan menenangkan. Ini membuatnya menjadi obat rumahan alami yang dapat mengatasi masalah mulut. Pengobatan sariawan dengan air garam bisa dilakukan dengan membilas mulut dengan air garam dan membantu meringankan gejala sariawan oral.

Caranya adalah larutkan 1/2 sendok teh garam dalam 1 gelas air hangat. Kumurlah larutan ke seluruh mulut dan keluarkan larutan garam.

2. Baking Soda

Membilas mulut dengan campuran sedikit baking soda dapat membantu mengobati kandidiasis mulut.

Dalam sebuah penelitian tahun 2009, para peneliti melihat efektivitas natrium bikarbonat sebagai desinfektan Candida Albicans yang melekat pada resin akrilik. Tes ini dimaksud untuk mensimulasikan desinfektan gigi palsu harian.

Sehingga para peneliti menyimpulkan bahwa meskipun bukan bentuk desinfektan yang paling efektif tetapi baking soda bisa jadi alternatif obat sariawan.

Caranya adalah larutkan 1/2 sendok teh ke dalam 1 gelas air hangat. Berkumurlah ke seluruh bagian mulut dan keluarkan.

3. Yogurt

Yogurt bisa menjadi salah satu pilihan obat sariawan yang ampuh untuk anak dan dewasa. Yogurt mengandung bakteri hidup "baik" yang dapat membantu. Yogurt dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri baik dan jahat di mulut.

Teksturnya yang lembut membuat yogurt menjadi makanan enak yang bisa dinikmati meskipun kamu mengalami kesulitan mengunyah yang disebabkan karena lesi mulut.

Pilihlah yogurt tanpa tambahan pemanis karena jamur akan tumbuh subur dengan gula

4. Lemon

Jus lemon dianggap memiliki kemampuan antiseptik dan antijamur yang dapat membantunya melawan jamur yang menyebabkan sariawan. Lemon juga tinggi akan vitamin C sehingga dapat membantu memulihkan luka sariawan yang terjadi di area mulut.

Menurut sebuah penelitian kecil tahun 2009, jus lemon ditemukan menjadi pengobatan yang lebih efektif untuk sariawan oral. Kamu bisa menambahkan jus lemon ke dalam air hangat. Kamu bisa menjadikannya sebagai obat kumur atau mengoleskan jus lemon langsung ke area sariawan.

5. Kunyit

Kunyit yang mengandung kurkumin. Kurkumin adalah senyawa kuat yang dianggap memiliki kemampuan anti inflamasi. Menurut penelitian tahun 2010 pada tikus, kurkumin dapat mengobati sariawan oral. Studi ini menemukan kurkumin sebagai anti jamur terhadap spesies albicans dan non albicans candida, terutama ketika dikombinasikan dengan piperin.

Piperin adalah senyawa yang ditemukan dalam lada hitam yang membantu tubuh menyerap kunyit.

6. Madu

Madu menjadi salah satu obat sariawan alami yang cukup ampuh. Dikutip dalam Prevention, madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri sehingga mampu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses penyembuhan dari sariawan. Madu juga aman diberikan untuk anak-anak di atas usia 1 tahun.

7. Lidah Buaya

Sariawan membuat mulut terasa tidak nyaman. Lidah buaya dipercaya dapat mengurangi rasa tak nyaman di mulut. Caranya adalah dengan menyiapkan daun lidah buaya yang dicuci hingga bersih. Lalu oleskan daging lidah buaya secukupnya pada sariawan dan tunggu beberapa jam. Ulangi cara ini dua sampai tiga kali.

8. Minyak Oregano


Minyak oregano dapat digunakan untuk membumbui makanan, tetapi juga memiliki kemampuan antimikroba dan antijamur. Cara menggunakannya adalah mencampurkan dua tetes minyak oregano dan dioleskan pada area yang luka.

9. Cuka Sari Apel

Orang dengan gigi palsu memiliki risiko lebih tinggi terkena kandidiasis mulut. Gigi palsu yang tidak pas atau tidak dibersihkan dengan baik dapat memberikan lingkungan yang ideal bagi candida untuk berkembang. Cuka sari apel menjadi obat sariawan yang ampuh cepat sembuh.

Kamu dapat menggunakan 1 sendok teh cuka sari apel dalam 1 gelas. Kumurkan ke seluruh bagian mulut setidaknya 15 detik.

10. Vitamin C

Vitamin C menjadi salah satu obat sariawan yang ampuh menjadi obat sariawan yang ampuh. Vitamin C alami seperti buah-buahan dan sayuran berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat mendorong produksi sel darah putih sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 2.948
  • Bulan Ini

  • 114.766
  • Total Kunjungan

  • 821.895