Detail Artikel


  • 12 Juni 2020
  • 1.200.808
  • Artikel

15 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Secara Ilmiah, Perkuat Imun!

15 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Secara Ilmiah, Perkuat Imun!

                      

Perlu kamu ketahui manfaat kunyit pada tubuh bisa digunakan untuk meredakan berbagai penyakit ringan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Banyak dari masyarakat yang menggunakan kunyit kuning sebagai bumbu dasar masakan, teh, dan juga jamu.

Kunyit memberikan banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti adanya kandungan kurkumin, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, hingga minyak atsiri.

Dengan adanya banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita, ada baiknya kamu mengkonsumsi kunyit secara rutin dengan takaran yang sesuai. Untuk itu, yuk simak penjelasan daftar manfaat kunyit untuk kesehatan!

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. Artinya, sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit yang ditingkatkan, bukan secara langsung membunuh kuman tersebut.

Mengonsumsi air kunyit kuning secara rutin juga bisa membantu memerangi virus yang menginfeksi saluran pernapasan berkat adanya zat anti kataral.

2. Mengobati Radang  

Kandungan pada kunyit yang disebut kurkumin merupakan antioksidan yang memiliki efek antiradang poten. Pada satu kunyit, kurang lebih memiliki kandungan kurkumin sebanyak 200 miligram (mg).

Zat aktif tersebut membantu menghentikan kerja enzim serta sitokin yang dapat menyebabkan inflasi pada tubuh. Maka dari itu sangat bermanfaat untuk mengurang radang dan dapat meningkatkan kortison pada kelenjar adrenal dalam tubuh.

3. Mengurangi Rasa Mual

Adanya kandungan kurkumin pada kunyit akan meresap ke dalam aliran darah manusia dan mengurangi tekanan pada perut. Dengan mengkonsumsi kunyit, tekanan pada perut akan terasa ringan dan lega sehingga mengurangi rasa mual.

Hasil akan lebih maksimal dan cepat dalam mengatasi mual jika kamu tambahkan air kunyit dengan lada hitam karena adanya kandungan piperin yang mempercepat proses kinerja.

4. Mengatasi Perut yang Kembung

Buang gas berlebihan merupakan tanda ada yang salah pada kondisi perutmu. Untuk membantu otot pada pencernaan agar tetap bergerak lancar, kamu bisa konsumsi kunyit.

Kurkumin pada kunyit membantu mengurangi tekanan gas pada perut dan membantu lambung untuk menghentikan produksi asam secara berlebihan.

5. Mengurangi Nyeri saat Haid

Bagi kamu para perempuan yang sedang mengalami haid, sering kali perut terasa nyeri dan membuat tidak nyaman saat beraktivitas. Untuk para perempuan Indonesia pastinya sudah tidak asing lagi dengan jamu kunyit asam yang dipercaya dapat meredakan nyeri saat haid.

Bukan hanya mitos, jamu kunyit asam memang bisa meradakan nyeri saat haid. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kurkumin kunyit yang dapat melemaskan kontraksi rahim sehingga menyebabkan perut kram.

Selain itu, kunyit juga membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel apitel rahim, serta mengurangi terjadinya produksi prostaglandin yaitu hormon yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit.

 

6. Mengobati Metastasis Kanker


Mengingat adanya beberapa jenis kunyit, untuk mengobati metastasis kanker ini kamu bisa gunakan kunyit putih. Kegunaan kunyit putih ini dapat bermanfaat untuk kanker rahim, usus besar, dan payudara.

Hal ini disebabkan adanya kandungan kurkumin yang dapat membasmi sel tumor ganas penyebab kanker serta menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker.

7. Obat Alergi

Terdapatnya kandungan kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin pada kunyit memiliki fungsi sebagai senyawa anti-alergi yang dapat membantu menghilangkan rasa gatal-gatal pada tubuh.

Dua kandungan tersebut menghambat aktivitas protein berlebihan pada tubuh yang dapat mencegah lepasnya zat histamin. Zat histamin dan protein yang berlebihan dapat membuat reaksi alergi muncul pada kulit.

8. Menangkal Bakteri Jahat

Manfaat kunyit untuk kesehatan lainnya adalah menangkal bakteri jahat. Bagi kamu yang sering merasa sakit perut atau mengalami keracunan makanan dan bakteri jahat, kamu bisa minum larutan kunyit hangat yang dapat membantu meredakan.

Bukan hanya itu, kandungan pada kunyit juga bisa melawan bakteri jahat lainnya yang menyerang mulut kita dan organ intim wanita.

9. Penawar Racun

Penelitian menyebutkan bahwa kandungan di dalam kunyit bermanfaat untuk pertolongan pertama pada gigitan ular. Karena kunyit mampu menghambat aktivitas bisa ular pada darah, menghentikan penyebaran ke seluruh tubuh dan mengurangi pembengkakan.

10. Mengobati Maag

Bagi kamu yang suka mengalami nyeri maag, tidak perlu selalu langsung mengkonsumsi obat. Cobalah mengkonsumsi larutan kunyit terlebih dahulu dan minum secara rutin. Kunyit dapat membantu mengurangi frekuensi kambuhnya gejala maag.

Adanya kandungan kurkumin pada kunyit juga dapat mengendalikan produksi asam lambung dan empedu secara berlebihan.

11. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Jika kamu penderita diabetes cobalah mengkonsumsi kunyit secara teratur untuk mengendalikan gula darah agar stabil. Kandungan kurkumin kunyit dapat menurunkan kadar glukosa pada arah.

Selain itu, juga dapat meningkatkan insulin dan mebuat gejala diabetes jadi lebih mudah ditangani.

12. Meredakan Peradangan Usus

Peradangan usus atau bisa juga disebut dengan Irritable Bowel Syndrome (IBS) yang dapat menyebabkan masalah pada pencernaan. Jika peradangan usus didiamkan akan mebuat kontraksi usus yang mengakibatkan diare kronis.

Dengan mengkonsumsi kunyit, dapat mengurangi intensitas sakit pada perut yang disebabkan oleh peradangan usus. Manfaat kunyit ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan dan kurkumin yang melancarkan kinerja otot pencernaan.

13. Melawan Infeksi

Manfaat kunyit untuk kesehatan lainnya adalah untuk melawan infeksi pada tubuh. Kandungan kunyit putih dapat melawan berkembangnya jamur dan bakteri pada tubuh.

Seperti menyembuhkan dari keracunan makanan, infeksi kulit, infeksi jamur penyebab sariawan, dan juga infeksi jamur pada area kewanitaan.

Kunyit juga bermanfaat untuk menghilangkan bakteri pada mulut penyebab bau mulut.

14. Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain membantu memperkuat imun dan mengetasi infeksi, mengonsumsi air kunyit juga bisa menjaga bentuk tubuh atau menurunkan berat badan. Jadi, cocok untuk kamu yang tengah menjalani diet.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus mengombinasikan sari kunyit dengan asam Jawa.

15. Merawat Hati

Penelitian menyebutkan bahwa ekstrak kunyit bisa mencegah organ hati dari kerusakan dan menjaganya tetap sehat.


Mengetahui manfaat kunyit untuk kesehatan, ada baiknya kamu lebih memperhatikan lagi kesehatan tubuh dan asupan makananmu. Berbagai manfaat kunyit di atas bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi larutan kunyit secara rutin.

Ada baiknya, kamu selalu sedia kunyit di rumah sebagai bentuk antisipasi dan cara awal mengatasi berbagai penyakit. Bisa juga, kamu langsung beli jamu dengan kandungan kunyit di dalamnya agar tidak perlu repot lagi memasak kunyit dan membuatnya menjadi jamu.

 

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 12.513
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 20.884.690