Detail Berita


  • 24 Februari 2020
  • 2.786
  • Berita

Membangun Peran CSR dalam Kesehatan

Pembangunan kesehatan pada hakekatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Saat ini, Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, diabetes dan lain-lain.

Dampak meningkatnya kejadian PTM adalah meningkatnya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah, menurunnya produktivitas masyarakat, menurunnya daya saing negara yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat itu sendiri.

HL Bloem  telah mengidentifikasi bahwa derajat kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh 4 faktor yakni: Perilaku, Lingkungan, Pelayanan kesehatan dan Keturunan. Faktor Perilaku dan Faktor Lingkungan memegang peran lebih dari 75% dari kondisi derajat kesehatan masyarakat. Perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku kearah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa; untuk itu GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT (GERMAS) menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Gerakan masyarakat hidup sehat adalah Suatu tindakan yang terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa  dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan  berperilaku sehat  untuk meningkatkan kualitas hidup. Ruang lingkup Germas meliputi : 

1.         Peningkatan aktivitas fisik

2.         Peningkatan edukasi dan perilaku hidup sehat

3.         Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan Gizi

4.         Peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit

5.         Peningkatan kualitas lingkungan

Untuk mengoptimalkan implementasi  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di masyarakat, Dinas Kesehatan DIY melakukan koordinasi dalam rangka peningkatan peran mitra dan organissai masyarakat. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa, 18 Februari 2020 di Aula B Bappeda DIY. Maksud diselenggarakan kegiatan adalah untuk meningkatkan peran mitra dan Organisasi masyarakat dalam implementasi germas. Tujuan pelaksanaan kegiatan adalah Meningkatkan  pemahaman germas terhadap mitra kesehatan dan organisasi masyarakat serta Meningkatkan pemahaman dalam pemilahan dan pengolahan sampah organik dalam mewujutkan germas di masyarakat. Peserta kegiatan adalah sejumlah dari organisasi masyarakat dan mitra kesehatan di DIY, seperti YKI, Muhammadiyah, PMI, dsb.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 16.947
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.271.806