Detail Berita


  • 08 Juni 2019
  • 763
  • Berita

Jajaran Kesehatan Siap Layani Pemudik dan Masyarakat Selama Libur Lebaran 2019

Pelayanan kesehatan tidak boleh berhenti apapun situasinya, termasuk pada saat libur lebaran tahun 1440 H pada minggu – minggu ini. Libur lebaran bagi karyawan dan ASN yang relatif cukup lama yaitu dari tanggal 1 Juni sampai dengan 10 Juni 2019 tidak berlaku bagi jajaran pelayanan kesehatan termasuk puskesmas dan rumah sakit di DIY. Justru pada saat liburan seperti ini para petugas kesehatan dituntut untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat.

Oleh karena itu Dinas Kesehatan DIY perlu melakukan monitoring pada berbagai fasilitas pelayanan kesehatan baik dasar maupun rujukan termasuk pos – pos kesehatan yang melayani pemudik untuk tetap melayani masyarakat dengan optimal pada saat libur lebaran ini. Lebih khusus untuk memantau kesiapan faskes dalam hal penyiapan darurat maternal perinatal agar tidak terjadi kasus kematian ibu pada saat libur lebaran ini. Oleh karena itu diperlukan data tentang ibu hamil khususnya risiko tinggi, hari perkiraan lahir dan kesiapan sarana untuk merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan yang akan melayani khususnya puskesmas dan rumah sakit yang sudah menerapkan program PONED DAN PONEK.

Dinas Kesehatan DIY menyiapkan 8 tim yang akan turun ke lapangan dalam rangka kesiapsiagaan kesehatan pada lebaran 1440 H dimulai dari tanggal 1 s.d 8 Juni 2019 pada 5 kabupaten/kota di DIY. Faskes yang dikunjungi mulai dari pos kesehatan yang dibentuk oleh Dinas Kesehatan Kab/kota, lembaga swasta, rumah sakit dan lainnya hingga puskesmas dan rumah sakit utamanya daerah yang terkait dengan wisata.

Kasus – kasus yang dilayani pada faskes maupun pos kesehatan yang ada selama lebur lebaran ini umumnya kecelakaan ringan dan akan dirujuk bila memerlukan penanganan lanjutan. Seperti di pos PMI Madukismo yang banyak menangani kasus kecelakaan ringan dan tersedia tenaga kesehatan dan ambulance yang siap merujuk ke rumah sakit bila diperlukan.

Kontak Kami

JL. Gondosuli No.6 Yogyakarta Kota Yogyakarta DIY 55231 Indonesia
dinkes@jogjaprov.go.id
+62274563153
(0274)512368

Kunjungan

  • Hari Ini

  • 13.190
  • Bulan Ini

  • 1.728.429
  • Total Kunjungan

  • 21.127.313